Gejala, Pantangan & Ramuan untuk Penyakit DM, Asam Urat, Hypertensi, Hipotensi, Kolesterol, Stroke dan Asma

Berikut ini kami uraikan tentang gejala, ramuan tradisional, makanan yang dianjurkan dan makanan yang harus dipantang pada penderita diabetes mellitus (kencing manis),  asam urat tinggi, hypertensi (tekanan darah tinggi), hipotensi (tekanan darah rendah),  kolesterol tinggi, stroke, dan penyakit asma, seperti berikut ini :

A. KENCING MANIS / DIABETES MELLITUS (normal: 60 – 140 mg/dl)

GEJALANYA:
Mudah masuk angin, pusing kepala, ujung jari-jari kesemutan, gampang kesemutan bagian kaki, nafsu makan bertambah banyak, mata sebentar kabur sebentar terang (penglihatan kabur), kembung mudah sakit maag, mudah terkilir atau sakit persendian, beser kencing, air kencingnya dikerumuni semut, cepat lapar, haus, letih, mengantuk, jantung berdebar mengipas, telapak kaki dan tangan dingin, tidak tahan udara panas atau hawa dingin, kalau sudah mulai parah timbul gatal-gatal dan luka, gatal di daerah kelamin atau lipatan paha, disfungsi ereksi pada pria,
keputihan pada vulva vagina.

RAMUAN PENGOBATAN:
Sambiloto (daun), kumis kucing (daun), mengkudu/pace (buah), tapak dara, daun/batang/akar), jamblang/duwet (kulit batang, daun, daging buah), jati (daun muda), duku (biji), pare (buah), terong-ngor (buah), lidah buaya (daging daun), lamtoro ( biji buah tua), mahoni (biji), daun salam, ciplukan (semua bagian), sambung nyawa (daun), krokot, minyak wijen.

MAKANANNYA:
Jagung kuning dan beras merah.

MAKANAN PANTANG:
Kurangi yang manis tapi jangan berhenti total agar tidak terkena sakit lever. Daging kambing/sapi/ kerbau, udang, kepiting, terasi, jeroan, lemak, pisang ambon, durian, air kelapa, sirup, lemon, buah manis seperti mangga, duku, rambutan, klengkeng dan anggur.

B. ASAM URAT TINGGI (normal: L: 3,4-7,0 mg/dl, P: 2,4-5,7 mg/dl)

Asam urat dapat menimbulkan rematik/encok, sakit sendi lutut, pinggang, punggung, pinggul, pundak, bahu, mengganggu prostat, saluran dan kandung kemih, darah tinggi, menimbulkan batu ginjal, gagal ginjal, dapat memicu jantung koroner dan diabetes mellitus/kencing manis.

GEJALANYA:
Badan pegal-pegal, sakit otot, sakit persendian lutut, pinggang, punggung, pinggul, pundak, bahu dan sering buang air kecil.

RAMUAN PENGOBATAN:
Meniran (semua bagian), kumis kucing (daun), lengkuas (umbi), jahe (umbi), salam (daun), alpokat (daun), sambiloto (daun), alang-alang (akar), pegagan (daun), buah merah (sari buah), seledri (daun dan batang), tempuyung (daun), pare (buah), daun sendok (biji). Perbanyak minum air putih, minimal 8 gelas sehari.

MAKANAN PANTANG:
Menghindari makanan yang mengandung purin tinggi seperti jeroan, otak, daging sapi/kambing/kerbau, lemak, gorengan, emping, melinjo, kangkung, bayam, es, alkohol, durian, udang, kepiting, cumi-cumi dan teri.

C. TEKANAN DARAH TINGGI / HIPERTENSI
(Normal: sistolik < 140 mmHg, diastolik < 100 mmHg)

GEJALANYA:
Sakit kepala, rasa pegal atau tidak nyaman di tengkuk, perasaan berputar di kepala sampai ingin jatuh, berdebar atau detak jantung terasa cepat dan telinga berdenging.

RAMUAN PENGOBATAN:
Kunyit (rimpang), labu air (daging dan sari buah), selada air (semua bagian), ceplukan (semua bagian), alang-alang (akar), mengkudu/pace (buah), jeruk nipis (air buah), kumis kucing (daun), ketumbar mungsi (biji), pegagan (daun dan akar), buah merah (sari buah), mimba, sembung, tempuyung (daun), daun salam.

MAKANAN PANTANG:
Ikan asin, telur asin, makanan asin/bergaram tinggi, lemak, jeroan, pete, jengkol, daging sapi/kambing/ kerbau, goreng-an, santan kental, telur, durian, bumbu masak kemasan, mentega, kemiri.

D. TEKANAN DARAH RENDAH / HIPOTENSI (sistolik < 100 mmHg)

GEJALANYA:
Mata sering kunang-kunang ketika akan berdiri sehabis duduk, pusing-pusing, badan lemah/lesu, bahu kaku, kehilangan keseimbangan badan, sesak napas, mual, keringat dingin pada kaki dan tangan, haid tidak teratur pada wanita.

RAMUAN PENGOBATAN:
Kopi (minum kopi), bayam (daun), cabe (biji), coklat (biji), lada (biji), patikan kerbau (daun), hati ayam kampung/sapi/ kambing, susu, mentega, keju, jahe merah (umbi).

MAKANAN PANTANG:
Hindari makanan yang pahit-pahit, asam, ketimun

E. KOLESTEROL TINGGI (TOTAL)
(Kadar normal < 200 mg/dl)

Kolesterol menyebabkan asterosklerosis (penyempitan pembuluh darah), jantung koroner, stroke, tekanan darah tinggi dan hiperkolesterolemia.

GEJALANYA:
Stress, pusing kepala terasa berat, sering hilang keseimbangan, sakit bagian tengkuk belakang kepala, apabila sudah mengganggu jantung dada terasa berat dan sakit bagian kiri adakalanya bagian kanan agak sulit bernapas.

RAMUAN PENGOBATAN:
Jeruk manis (daging dan air buah), jeruk nipis (air buah), belimbing wuluh (daging dan sari buah), apel (daging dan sari buah), delima putih (daun dan daging buah), temulawak (rimpang), sambiloto (daun), ciplukan (daun), kumis kucing (daun), nenas (sari pati buah yang matang), buah merah (sari buah), alpokat mentah, jagung muda, daun sembung, kubis, akar manis, kunyit dan pepaya.

MAKANAN PANTANG:
Otak, telur, jeroan, lemak, santan, gorengan, durian, alpokat, udang, kepiting, cumi-cumi, ikan asin, telur asin, mentega.

F. STROKE AKIBAT KOMPLIKASI

PENYEBABNYA:
Tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, asam urat tinggi, pengapuran, diabetes, stress sehingga terjadi pengerasan dan penyempitan serta penyumbatan pada pembuluh darah di otak, adakalanya menimpa pembuluh darah di jantung.

GEJALA AWAL:
Kepala pusing terasa berat, pegal atau sakit bagian tengkuk belakang kepala, sempoyongan hilang keseimbangan, baal kesemutan bagian tangan sampai jari-jari.

RAMUAN PENGOBATAN:
Sambiloto (daun), temu putih (umbi), kumis kucing (daun), pegagan (daun), jahe merah (umbi), jahe (umbi), langkuas merah (umbi), tempuyung (daun), daun dewa (daun dan umbi), iler (daun), buah makasar (buah), sambung nyawa (daun), mengkudu/pace (buah), tapak dara (daun), alang-alang (akar), sambang darah (daun), mahkota dewa (buah), murbei (daun dan bunga), temulawak (umbi).

MAKANAN PANTANG:
Semua jenis daging (kecuali ikan air tawar), gorengan, santan kental, nasi uduk, nasi ulam, nasi kebuli, kue bolu, martabak, mentega, keju, jeroan, susu, bumbu masak kemasa, telur, buah-buahan yang tebal kulitnya seperti durian, nangka, jengkol, pete, telur asin, ikan asin, kecap asin, emping, es, minuman beralkohol.

G. ASMA

Orang yang sering mendapat serangan sesak nafas, batuk, mengeluarkan riak yang lengket dan bersin dikatakan menderita penyakit asma. Serangan asma dapat ringan dapat pula berat, sehingga penderita tidak dapat tidur, lalu duduk sambil menarik nafas dalam. Penderita asma berat, terlihat kepala dan dadanya turun naik, suara nafas terdengar keras. Biasanya mengeluarkan nafas lebih sulit daripada menarik nafas, batuk sering disertai muntah.

PENYEBABNYA:
Asma sering timbul karena alergi terhadap sesuatu. Debu, sari bunga, makanan dan obat. Peradangan, tekanan jiwa dan terlalu emosi dapat menambah berat serangan asma. Udara dingin, bau bensin, bau pintu yang baru dicat dan asap rokok dapat pula menimbulkan serangan  asma.

RAMUAN PENGOBATAN:
Randu (daun), bidara upas (umbi), kunyit putih (umbi), kemukus (daun), klengkeng (buah), putri malu (daun dan tangkai), ceremai (akar), buah merah (sari buah).

MAKANAN PANTANG:
Makanan berkolesterol tinggi, lemak-lemak, jeroan, otak, ubi jalar, santan kental (
sumber: ikhwan- interaktif.com).

About these ads

102 Tanggapan

  1. Mau berbagi Info nih…..

    Kenapa dalam satu keluarga yang pola hidup, pola makan dan lingkungannya sama, namun bisa ada yang mudah sakit sementara yang lain tidak? Ada yang mudah kena penyakit seperti flu atau demam dan cepat sembuh, tapi ada pula yang lama sembuhnya.

    Apakah penyebabnya ?….

    Kesehatan kita dipengaruhi langsung oleh sistem imun. Sistem imun adalah sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit yang terdiri lebih dari triliyunan sel-sel NK ( Natural Killer), yang jumlah berat totalnya kira-kira 1 kg
    (2,2 pons).

    Apa Itu sel NK ?…

    Sel NK (Natural Killer) adalah sel imun yang bertanggung jawab mencari dan memusnahkan sel-sel “jahat” asing yang tidak dikenali oleh tubuh, termasuk sel kanker dan sel yang terinfeksi serangan virus, bakteri, dll. Jika seseorang memiliki aktivitas sel NK kurang dari 20% maka akan beresiko mudah terserang penyakit atau kurang kekebalan tubuh dalam upaya sembuh dari penyakit.

    Dari penelitian, Transfer Factor [ TF ] yang diekstrak dari kolostrum dengan teknologi Nano Factor mampu meningkatkan aktivitas sel NK sebanyak 103%. dan campuran TF dengan bahan-bahan alami lain yang berada pada 6 tingkat pertama daftar bahan awal induk mampu meningkatkan sel-sel NK menjadi 283%-437%. Perlu diingat, TF sendiri bukan obat, namun TF akan melatih / mendidik dan merangsang sistem kekebalan tubuh seseorang untuk melawan dan mengatasi penyakit tersebut.

    Blog : http://4lifetransferfactorindonesia.wordpress.com

    Ryan & Kenny
    0818.0718.3888

  2. Kepada 4lifetransferfactorindonesia, trima kasih infonya, wow saya pribadi jadi sangat bersuykur tau info ini dan belum pernah tahu sebelumnya, menambah sugesti saya buat ngejaga terus kesehatan ini,…klo ada info baru kabari lagi ya…makasih banyak, salam kenal

  3. trima kasih banyak pak Anto, pokoknya tulisan ini buat saya untuk semakin bisa nahan nafsu makan yang nggek macam-macam lagi…ampumma kodong

  4. ampun itu harus dari hati, bukan dari mulut….

  5. Makanan apa yang aman di konsumsi untuk penderita tekanan darah tinggi

  6. Untuk Mas Jaka, makanan yang aman dikomsumsi untuk penderita tekanan darah tinggi adalah selain pantangannya seperti di bawah ini :
    Ikan asin, telur asin, makanan asin/bergaram tinggi, lemak, jeroan, pete, jengkol, daging sapi/kambing/ kerbau, goreng-an, santan kental, telur, durian, bumbu masak kemasan, mentega, kemiri.
    Yang paling penting selain mengatur pola makan adalah harus berolahraga yang baik, teratur dan terukur. Kalau anda berdomisili di Makassar, silahkan datang ke Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat di Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 2 Makassar. Di sana lengkap alatnya, sebelum melaksanakan aktifitas olahraga terlebih dahulu akan diperiksa oleh dokter olahraga, semuanya diukur, kemudin ditentukan jenis olahraga apa yang cocok diakukan secara rutin.

  7. maaf ya pak saya mau tanya,saya dalam keadaan kerja.tiba-tiba pas saya sesak tau nya kencing saya ada mengeluarkan campuran darah dan perut saya terasa nyeri .yg mau saya tanya ada gejala apa pada diri saya pak trima kasih.

  8. mau tanyak….klo penyakit asam urat itu akibatnya karena kenapa..?? n bagai mana cara menyembuhkannya…dan apa aja pantangannya..???(ke email black.fang@rocketmail.com)

  9. mau nanya pak, kalau sodara saya kencingnya kerasa sekali bau amonianya, mulut juga bau itu pengaruh dari penyakit apa pak? terimakasih

  10. Sy kolerterol dan asam urat tinggi, makanan yg harus dipantang apa saja dan yg boleh dimakan apa saja

  11. dgn hormat, bagaimana caranya mempergunakan daun2an dibawah ini apa semua bahan ini di campur jadi satu?
    mohon tks U. Asam Urat

    RAMUAN PENGOBATAN:

    Meniran (semua bagian), kumis kucing (daun), lengkuas (umbi), jahe (umbi), salam (daun), alpokat (daun), sambiloto (daun), alang-alang (akar), pegagan (daun), buah merah (sari buah), seledri (daun dan batang), tempuyung (daun), pare (buah), daun sendok (biji). Perbanyak minum air putih, minimal 8 gelas sehari.

  12. pak ,saya berumur 29 tahun,kt dkter saya terkena hypertensi (150/100mmHg),tp setelah saya baca tulisan diatas gejalanya malah cocok ke tekanan darah rendah/hipotensi,saya bingung pak apakah saya ini hipertensi apa hipotensi?selain itu secara bersamaan saya juga sedang sakit maag..makanan apa yg harus dipantang dan makanan apa yg harus dikonsumsi oleh penderita hipertensi dan maag secara bersamaan…terimakasih…..sangat ditunggu sekali balasannya….

  13. dr. terima kasih atas informasinya. Mudah2an dapat bermanfaat

  14. dr. ramuan yg baik untuk menjaga kesehatan aitu apa?
    dan jenis olah raga apa yang baik untuk kesehatan.
    terima kasih.

  15. saya ini seorang istri yg lg bingung memasak makanan u/ suami saya yang tkena asam urat. Sebaiknya jenis makanan apa saja yg dpbolehkan? Saya kasihan klo kambuh kaki suami saya sampai2 g bs jalan.

  16. @ Juli falintino : segera periksa ke dokter
    @ Trianggi : 1) Asam urat terjadi karena pola makan dan sikap yang yang kaku, atinya selalu pendapatnya yg harus benar. 2)Cara penyembhannya, yaitu perbaiki pola makan, bersikap yang santai terutama pada keluarga, rutin berolahraga dan konsultasi ke dokter anda.
    @ Udin Goyang : Coba periksa ke dokter anda
    @ Hartanto : Makanan pantangan ( baca pada tulisan di atas).
    @ Nita : Memang gejala hyptensi sama rasanya dengan hypertensi…
    @ Moh Syaifuddin : Yang baik untuk kesehatan adalah olah raga dengan teratur minimal 30 menit per hari, perbaiki pola makan…
    @ achmadefendi : Makanan yg cocok untukasam urat yaitu selain yang tertulis pada tulisan di atas (pantangan asam urat) Baca….

  17. dr. obat2an yg aman dikonsumsi buat penderita hypertensi apa? saya sering mengkonsumsi obat sakit kepala untuk meredakan tapi malah jantung saya jd sering berdebar-debar. terima kasih

  18. itu buah-buahan buat pantangan kolesterol kok ada alpokat juga? bukannya alpukat bagus untuk menaikkan HDL?

  19. pak saya mo tanya. kolesterol saya tinggi 648. apa bisa terjadi penyempitan pembulu darah cor. karena kadang dada kiri sakit dan badan lemas. ramuan apa yang paling ampuh dan cepat turunkan kolesterol saya

  20. Saya mau tnya,
    apa ya penyebab dari buang air kcil yg brcmpur darah??
    Dan swaktu buang air kcil trasa skit pada vagina saya,apa penyebabnya??
    Dan apa penanggulangannya??
    Terima kasih. .

  21. Bapak/Ibu semua,

    Untuk penyakit-penyakit infectious dan non infectious kita bisa gunakan Propolis. Antibiotika Alami yang sangat efektif, aman, dan tanpa efek samping.

    Propolis adalah antibiotika alami (anti virus, bakteri, dan jamur) yang dihasilkan oleh lebah. Memiliki kandungan Bioflavonoid yang tinggi (1 tetes setara dengan yg terkandung dalam 500 buah jeruk). Fungsinya sebagai antioksidan yang sangat efektif membersihkan kolesterol dari pembuluh darah dan menetralisir radikal bebas dalam tubuh.

    Insya Allah semua penyakit bisa terbantu penyembuhannya dengan propolis.

    Semoga bermanfaat,

    Tks & Rgds
    Rahmah
    obatpropolis.com

  22. bagaimana cara menggunakan ramuan asam urat mohon balasannya trims

  23. terimakasih infonya

  24. Terima Kasih telah berbagi ilmu…. semoga bisa bermanfaat utk tingkatkan kesehatan masyarakat Indonesia, kalo ada penyakit yg baru jg tolong dishare Pa … Thank You.

  25. saya mw nanya

    jari tangan ibu saya kaku
    awal nya hanya 1 jari
    tp skrg sdah hmpir menyeluruh

    itu gejala apa y ??
    dan obat nya apa ??

  26. Napa ya kolesterol ibu sy naik pdhl smua pantangan sdh dihndari?penyebabnya apa ya?

  27. betul2 mengganggu tu kolesterol, lebih baik menjaga tubuh kita

  28. yang enak2 emang suka bermasalah

  29. mo nanya ni, saya batuk dah lama dan sudah berobat kemana2 ga sembuh2, obat apa yang cocok untuk penyakit batuk yang saya alami ini. terima kasih

  30. saya mau tanya kalau kaki merah di bagian atas telapak kaki berbentuk bulat dan membengak itu gejala apa ya ???

  31. Makasi info nya mas.

    Saya tunggu tulisan selanjutnya

  32. Makasih atas info2 penting ini!

  33. Lakukan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang berkadar kolesterol rendah dan rutin malakukan oleh raga.Semoga bermanfaat.

  34. Matur suksme, atas info tentang gejala, ramuan tradisional dan sebaginya, tentang penyakit dalam. Semoga bermanfaat

  35. mau tny ya.. Bpk sy usia 78 thn.2 thn lalu di operasi prostat.nah skrg kdg2 trs perih kalau pipis,kalau tuk cek kedkr bpk sdh trauma.sy mau tny sayur atau buah2 apa selain tomat yg baik tuk dibr kan setiap hr,krn jus tomat sdh br 2 x sehr.trm ksh

  36. Sebelumnya Trimakasi Atas Infonya diatas pak.
    Saya berumur 21 tahun, dan sering mengalami sakit dada dibagian kiri dan terasa keram sampai sekarang, setelah sya chek-up kedokter ternyata saya terkena kolesterol dengan dengan kadar 272/mg, apakah sy berpeluang PJK, terimakasih.

  37. Mohon maaf mau tanya apakah sayuran brokoli baik untuk penderita asam urat tinggi ?

  38. saya mau tanya

    orang tua says usianya sekitar 85-90 th.. beliau kena “hipertensi”, “diabetes”, “pembengkakan ginjal” kemudian kakinya bengkak2 (kembung), kalau malam susah tidur karena nafasnya sesak dan suka susuah buang air besar (maaf)

    untuk itu obatnya apa ya? kemudian makan yg harus dihindari (pantangan) dan yg boleh dimakan apa ya?

    terimakasih…

  39. kepala sering terasa berat, tengkuk leher kaku tegang .mudah marah.saya menderita apa.

  40. ibu saya umur 53thn gejala gula dan kolesterol.yg saya ingin tanyakn,dok apz menu makanan yg cocok buat penyakit ibu saya.trmksih

  41. Dok, saya mo nanya: akhir2 ini saya mengalami gejala2 fisik seperti kaki dan tangan kejang kalo tidur, sesak napas bagian kanan, urat di paha kiri dan kanan ketarik kalo olahraga, kepala bagian belakang terasa bengkak ato tebal sekali kalo baru bangun tidur….. kira 2 ini gejala sakit apa ya dok? apakah ini gejala sakit asam urat ato kolesterol?
    Nb. saya belom pernah mengalami sakit seperti yang saya katakan itu…….
    makasih dok tuk informasinya…….salam.

  42. Terima kasih atas infonya,
    Saya termasuk asam urat tinggi 10,2 mg, tapi tidak selamanya sakit, sakitnya sekali-sekali saja. Saya konsultasi ke dokter disarankan untuk tidak mengkonsumsi daging. Tapi kalau saya tidak mengkonsumsi daging badan saya lemas dan tekanan darah saya menurun, pernah saya dalam 1 minggu tidak mengkonsumsi daging darah saya 90 / 70.
    Bagaimana cara mengatasinya, mohon pejelasannya !

    terima kasih

  43. kenapa ya bangun tidur ke 2 kaki saya sulit untuk di gerakkan dan saat berjalan terasa telapak kaki terasa sakit saat berjalan,apakah kolesterol berhubungan dengan berat badan ya dokter.

  44. mas kenapa saya sering-sering pusing, stres, sesak napas, tiba-tiba tidak ada keseimbangan. penyakit apa sih yang saya derita soalnya saya udah berobat ke dokter tapi masih seperti ini sampai sekarang

  45. terima kasih atas infonya, kebetulan budeku kena asam urat

  46. ibuku mengalami sakit nyeri di dada sebelah kiri dan stelah periksa di dokter kolesterol dan asam uratnya tnggi. Sudah seminggu lebih menghindari makanan pantangan diatas dan rutin minum obat, tapi kenapa masi mengeluh nyeri terus terusan ya pak? Apa proses penyembuhan penyakit ini lama? Thanks pak.

  47. apakah komplikasi diabetes dan asam urat bisa disembuhkan.

  48. dgn hormat, bagaimana caranya mempergunakan daun2an dibawah ini apa semua bahan ini di campur jadi satu?
    mohon tks

    RAMUAN PENGOBATAN:

    Meniran (semua bagian), kumis kucing (daun), lengkuas (umbi), jahe (umbi), salam (daun), alpokat (daun), sambiloto (daun), alang-alang (akar), pegagan (daun), buah merah (sari buah), seledri (daun dan batang), tempuyung (daun), pare (buah), daun sendok (biji). Perbanyak minum air putih, minimal 8 gelas sehari.

  49. bapa saya mengalami serangan jantung.apakah jenis makanan yang patut dia makan.

  50. aku numpang nanya nih….
    aku merasakan ada gejala pering pada punggung, rasa nyeri itu timbul kalau aku lagi naik kendaraan sepeda motor, kadang timbulnya lagi kalo lagi duduk terlalu bongkok, penyakit apa kah gerangan.

  51. saya mau tanya,saya mempunyai keluhan; tangan saya sering kesemutan/ba’al,sebenarnya apakah ini penyakiti rehmatik/asam urat yg saya alami?..,adakah obat yg cocok untuk saya minum?…mohon bantuannya,terima-kasih.

  52. dok mau nnya,, ibu sya skit pengapuran kra-kira obat apa yang paling tepat untuk ibu sya? sebelumnya terima kasih

  53. Sangat Membantu Sekali Informasi nya…, Terima Kasih Banyak…

  54. Penting sekali buat saya mengetahui seputar gejala dan pantangan penyakit asam urat sebagai pencegahan. Saya termasuk orang yang rada cuek dengan makanan. Apa saja saya makan… Tanpa memikirkan efek jeleknya.. Terutama untuk makanan Junk Food.. Thanks info nya…

  55. ..saya penderita tekanan darah rendah sampai 90/60 kala sedang drop begini kepala sakit bukan main, tapi pernah ketika saya makan daging kambing kepala saya sangat berat dan sakit bukan main.. sama seperti ketika saya drop….punggung dan pundak selalu terasa berat ngilu pegal pegal……gejala sakit apa ini dok dan apa solusinya…………..

  56. terima kasih infonya semoga berguna khusunya saya pribadi

  57. Pagi mas.. kalo misalnya gejala penyakit smpai kaki bengkak gitu, gejala pnyakit apa ya??

  58. terimakasih….dokter yang telah memberikan ilmunya, semoga selalu di beri kesehatan yang prima, shg kami semua dapat menerima ilmunya dari dokter,…salam…

  59. sy pria brusia 39thn,,,,di paha, tangan dan badan sy ada benjolan sbesar klreng yg smkn lama membesar, awal’y ga skt tp skrg mulai trsa skt, warna benjoln kehijauan sprti urat yg mmbesar. Yg sy alami penyakit apa ya Dok, tlg bantu sy.

  60. selamat pagi,
    Dokter mohon bantuannya..
    Ibu saya sebelumnya menderita asam urat dan darah tinggi..
    dan kemarin beliau mengeluh pusing dan keluar keringat dingin,,
    trenyata pas di cek darah di lab asam uratnya 6,9 dan tensi darahnya 150 dan gulanya tinggi sekali pas puasa 160 tapi sesudah makan menjadi 360.

    saya bingung makanan apa yang harus di makan untuk sehari2
    apakah sereal gandum bisa di konsumsi untuk ketiga penyakit ini.. mohon saran dan nasihatnya..
    terimakasih.

  61. Kalau pinggang sakit dan badan pegal kira2 ada masalah apa ya ???

  62. mau nanya ni….bagaimana cara penyembuhan penyakit batuk akut/kronis/tbc secara tradisional… soalnya sudah banyak minum obat dokter bahkan obat batuk seharga Rp 300.000 perpapan… masih belum sembuh? sy jg orang makassar… klu ada pengobatan alternatif yang lebih dekat… tolong ditunjukkan t4nya dimana.. dan apa saja makanan pantangannya..??? tolong infonya dikirim ke email: kartikasaridevi.nur@gmail.com

  63. Terima kasih atas infonya, penjelasan yang cukup lengkap, hanya takaran pengobatan di sini belum dijelaskan.

  64. jalan jalan eh sampai ke sini deh…. dikit2 kasih komeng…… yah sitenya udah cukup menarik kok…… sering2 di update biar tambah mak nyus

  65. gejala wal prostat itu bagaimana apa pantangan makanan dan apakah orang yang terasa nyeri di kandung kemih tapi buang air kecilnya lancar termasuk kanker prostat mohon penjelasannya

  66. Outea dpt menyembuhkah berbagai macam penyakit

  67. Salam sejahtera,
    Saya udin,mau menyakan tentang penyakit yg di alami ayah saya,
    Kalo di diagnosa dokter ayah saya mulanya ada penyakit diabetes dan sekarang menyebar ke kolesterol,dengan gejala sering kesemutan,dada kiri sakit,dan susah tidur,apalgi hal tersebut terjadi setiap malam.
    Kira2 obat apa yg paling di sarankan untuk ayah saya..

    Terima kasih

    Udin

  68. Makasih infonya sangat bermanfaat untuk wawasan saya…

  69. Slmt sore. Saya mau tanya teman saya awalnya sakit dipunggung kiri, terasa ditusuk2 sampai ke dada kiri, trus sesak nafas, sampai pingsan, setelah itu sekarang pusing, batuk ( prosesnya itu hanya 2 hari 1 malam ) Kalau yang seperti sakit apa teman saya tunggu jawabannya, trima kasih.

  70. Bapak saya mau nanyak
    kalau berdiri lama sakit di bwah betis dan dibokong
    apa saya terkena asam urat?

    apa obat nya?

  71. pak anto yth> ini saya mau tanya…sayuran apa saja yg boleh buat orang kena asm urat….terima kasih

  72. salam kenal,
    Ibu saya menderita hipotensi dan kolesterolnya jg tinggi, makanan & minuman apa yg bs menormalkan tek darahnya serta menurunkan kolesterolnya? Krn obat2an herbal yg pernah dkonsumsi rata2 bs menurunkan kolesterolnya namun tek darahnya smkn drop, jd serba salah.
    Terimaksih sebelumnya

  73. Kurang komplit penjelasanya

  74. kalau penyakit asam urat sudah kadung diderita, ia agak sudah disembuhkan. tapi, bukan berarti tidak bisa disembuhkan, bukan? tetap optimis dan yakin bahwa penyakit asam urat anda bisa disembuhkan…

  75. terima kasih infonya ,,, :)

  76. mau tanya pak,,,,! saya sudah check up & USG hasilnya bagus ,tidak ada gangguan penyakit,,,tapi saya sering pusing,badan pegal-pegal & mudah masuk angin,,apakah saya termasuk penderita asam urat..? Lalu bagaimana caranya untuk mengetahui kadar asam urat,,? Terima kasih

  77. Selamat siang,
    saya seorang ibu rumah tangga umur 47 tahun, sudah seminggu ini ujung jari tangan kiri saya terasa tebal dan tulang jari jempol kanan terasa sakit, mohon informasi dan penjelasan penyakit atau gejala penyakit apa yang saya alami ini. terimaksih atas perhatiannya.

  78. Selamat malam

    saya seorang ibu berumur 45 thn n dalam 2 bln ini rutin sy minum air jeruk nipis dgn berharap utk menurunkan berat badan, yg sy ingin ketahui apakah bisa ada efek sampingnya dibadan sy n apakah bisa membuat badan menjadi sakit2/ nyilu krn kadang badan sy suka sakit2, mohon informasinya n penjelasan penyakit apa yg mulai terasa saat ini, sebelumnya tks atas perhatiannya

  79. asalamualaikum pak.

    saya seorang mahasiswa yang berumur 24thn urite acid saya tinggi dan ama trigili saya tinggi pak.Keluhan saya bagian otot terasa dekat bahu sbelah kanan dan terkadang menyesak ke jantung(kadang-kadang) untuk penyembuhan nya atau cara pengobatan yang baik bagaimana pak beri solusi,..obat herbal yang paling pas apa yang bagus pak..mohon sulusinya pak..

  80. trimakasih infonya sangat bermanfaat….

    sklaian sy mau tanya, untuk obat di atas itu caranya bagai mana? …

  81. mo nanya nih,
    kalau ada rasa yg bergerak 2x dibawah tumit kaki itu
    sakit apa ya.
    Tolong dong jawabnya.tx

  82. Ya alloh………kenapa yang enek enak harus jadi pantanganku….dng inikah seleksi alam yang di berikan kepada manusia.kalau malaikat dah menjemput ajal.mati tidak akan kembali.

  83. saya seorang ibu umur saya 35 tahun saya mudah pusing dan perut mudah kembung susah buang air besar apa penyakit saya?

  84. Terimakasih atas info jenis2 penyakit berikut obat & pantanganya,ini akan sangat membantu saya & keluarga.

  85. gimana sih cara mengatasi penyakit sesak nafas..
    susah banget neh…
    bagi tips donk..

  86. bagus dan cocok

  87. terima kasih atas infomya

  88. Ilmunya sangat bermanfaat, Thanks bertubi2!

  89. SEGALA MACAM PENYAKIT DAPAT DISEMBUHKAN,APABILA KITA IKHLAS MENGAKUI SEGALAH KESALAHAN KITA KEPADA ALLAH SWT,DIRI SENDIRI DAN KEPADA ORANG LAIN ( lihat firman Allah swt,QS a suro ayat 30-31 ) DAN HILANGKAN SIFAT SAK WASANBGKA KPD ORANG LAIN .SHOLATLAH,BACALAH AL QUR’AN DAN BERZIKIR ( APA YANG KAMU YAKINI :SUBHANALLAH,ALLAHU…ALLAHU dsb. thobib Ungku Datuk,BATAM

  90. salam kenal
    ayah saya sakit diperut bagian bawa, badannya terasa berat.jika mau jalan kepala pusing,yang saya tanya itu gejala penyakit ap?

  91. ramuan u’ encok itu hrs bgimn direbus/ bgimn???

  92. hidpu sehat adalah langkh jitu terhindar dari penyakit asam urat ini
    obat herbal masa kini

  93. kalau timbul benjolan kecil pada kaki dantangan dibarengi dengan sakit persendian itu termasuk asam urat bukan dok?

  94. setelah saya baca artikel anda,makanan yang aman dikonsumsi apa saja bagi penderita penyakit asam urat,darah tinng,stroke,hipertensi dsb,yang bisa dibuat bermacam variasi agar tidak bosan makan!!!

  95. penyakit ini sekarang dah menjadi momok dimana-mana, kalo dulu yang terserang hanya kalangan atas saja, namun sekarang segala lapisan bisa menderita penyakit ini. tengkyu atas beberapa resep obat untuk menyembuhkan DM, sangat berguna

  96. Dok, kalau seluruh badan terasa nyeri, bahu dan pundak berasa kaku, terutama betis terasa nyeri yang amat sangat. Kira2 itu gejala sakit apa? Telapak kaki yang pegal dan sakit.
    Efektifkah kalau di pijat ditempat yang terasa nyeri? Krn setelah dipijat mmg teras lebih enak, tapi selang beberapa jam, kembali terasa sakitnya.

  97. terimakasih informasinya ;)

  98. sy d diaknosa kolestrol 222 mg/dl , asam urat 6,2 , sistolik 100/70
    apa daun salam yg d rebus bs sembuhkan asam urat dan kolesterol.? Buah & sayur apa d perbolehkan untuk penderita tersebut d atas

    terimakasih

  99. bagus infonya, karena sekarang saya sedang mengalami hal tersebut, dapat di jadikan referensi buat saya untuk tidak makan makanan yang merupakan pantangan tersebut.

  100. mari mengonsumsi makanan sehat…

  101. […] Gejala, Pantangan & Ramuan untuk Penyakit DM, Asam Urat … […]

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: