Mengatasi “tidur mendengkur”

Mendengkur merupakan masalah tidur yang bisa dialami pria dan wanita. Meskipun umum terjadi, mendengkur tetap saja mengganggu terutama pada teman tidur. Mendengkur saat tidur terkadang hanya dianggap sepele, hanya karena kelelahan saja. Padahal, kebiasaan mendengkur menunjukkan adanya masalah dalam hal kesehatan.
Jika dilihat dari frekuensinya, mendengkur merupakan sebuah gangguan tidur yang bisa menimbulkan baik konsekuensi medis maupun sosial.
“Pernah pada suatu waktu, saya tidur sama teman di daerah, bunyi dengkurannya bukan main, sangat menggangu, saya tidak dapat tidur dibuatnya. Telinga saya sudah ditutup dengan bantal, tetapi masih saja kedengaran bunyi dengkurannya”. Karena tidak tahan mendengarnya, saya membangunkannya kemudian menyuruhnya miring, setelah itu baru saya dapat tidur.
Ingin tahu cara menghentikan dengkuran? Ada beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan.
1. Tidur telentang
Dengkuran terjadi karena adanya gangguan pada saluran pernafasan. Menurut situs health.howstuffworks.com, sebaiknya Anda berada dalam posisi miring saat tidur. Hal itu membuat aliran udara di tubuh menjadi lebih lancar dan menghindari terjadinya dengkuran.
Jika Anda berada dalam posisi tengkurap, perut dan leher akan mengalami tekanan, dan membuat udara sulit mengalir dan mengalami sumbatan, dan yang terjadi kemudian Anda akan mengeluarkan suara dengkuran.
2. Kurangi berat badan
Salah satu faktor yang memicu terjadinya dengkuran adalah berat badan yang berlebihan. Jika Anda memiliki lipatan lemak disekitar leher, sebaiknya Anda harus segera menjalankan program diet.
Karena, lipatan lemak disekitar leher membuat aliran udara menjadi terhambat dan membuat Anda mendengkur. Selain itu, juga bisa mengakibatkan masalah pernafasan yang bisa menyebabkan kematian.
3. Kurangi konsumsi alkohol dan pil tidur
Alkohol dan pil tidur memang bisa membuat Anda menjadi lebih rileks
tetapi bisa melemahkan sistem saraf di bagian rahang dan tenggorokan.
Melemahnya sistem saraf itu membuat nafas menjadi berbunyi atau
mendengkur saat tidur.
Keadaan itu juga bisa memicu kesulitan bernafas saat tidur yang juga berhubungan dengan penyakit kardiovaskular. Sebaiknya konsultasikan gangguan tidur yang Anda alami dengan dokter, jangan sembarang mengonsumsi pil tidur.
4. Hindari pemicu alergi
Alergi kronis biasanya memicu masalah pernafasan, dan hal itu juga
menjadi penyebab dengkuran. Jika Anda memiliki penyakit alergi sebaiknya hindari pemicunya.
Misalnya Anda sangat alergi dengan udara dingin, usahakan untuk mengatur suhu kamar agar tidak membuat alergi menjadi kambuh dan Anda sulit bernafas, dan jangan lupa bersihkan secara teratur kamar dan peralatan tidur Anda.
5. Sediakan mouth guard
Jika dokter Anda menyarankan untuk menggunakan mouth guard, tidak ada salahnya untuk membelinya. Alat tersebut akan menahan gigi dan menjaga otot rahang bawah tidak melemah dan bisa mengurangi dengkuran.
6. Berhenti merokok
Merokok adalah salah satu penyebab Anda tidur mendengkur. Sistem
pernafasan tertutup oleh zat-zat yang berasal dari rokok, dan hal itu
membuat Anda kesulitan bernafas saat tidur dan akhirnya mendengkur.
7. Tidur teratur
Tidur cukup dan teratur adalah salah satu cara untuk menghentikan
dengkuran. Usahakan untuk tidur dan bangun di waktu yang sama setiap
harinya.
8. Periksakan ke dokter jika mendengkur saat hamil
Terkadang, wanita mulai mendengkur saat sedang hamil. Hal itu,
disebabkan naiknya berat badan dan perubahan hormon selama kehamilan.
Apapun penyebabnya, sebaiknya periksakan ke dokter karena mendengkur saat hamil bisa menjadi indikasi bayi dalam kandungan mengalami kekurangan oksigen.
9. Mengangkat kepala saat tidur
Tidur dengan posisi kepala yang agak tinggi membuat Anda lebih mudah bernafas. Cobalah gunakan bantal yang agak tinggi saat tidur, hal itu akan membuat pernafasan menjadi lebih lancar dan mencegah terjadinya dengkuran.

About these ads

15 Tanggapan

  1. saya mau tanya. butuh berapa lamakah untuk saya bisa menghiangkan gangguan mendengkur saya jika saya mengikuti artikel diatas? mohon penjelasannya lebih lanjut.

  2. oke juga tapi saya mau tanya apakah mendengkur untuk anak-anak merupakan masalah juga

  3. ass.wr.wb dokter salam kenal,saya tidak sengaja ketemu dengan artikel ini ,saya sudah lama mengalami masalah dengan tidur mengeluarkan bunyi mendengkur ini.Saya tidak tahu kapan mulainya. Saya sangat tertarik dengan artikel ini. Tetapi setelah saya baca semua tidak ada yang berkenan lansung dengan kondisi tubuh saya,tidak satupun.Memang saya sedikit gemuk ,berat badan saya 72kg tinggi 160cm usia 49thn.dapatkah dokter memberi informasi lebih lanjut bagaimana cara mengatasi penyakit mendengkur ini,halman ini saya bookmark atau kalau dokter tidak keberatan kirimkan saya ke email saya anton_skw@yahoo.com sedikit tip untuk mengatasinya.Terima kasih sebelumnnya.

  4. Sekarang ada produk baru anti-dengkur dari Amerika masuk ke Indonesia namanya Ysnore…..dengkuran bisa hilang setelah pemakaian bbrp hari.
    Link: http://www.facebook.com/pages/YSnore-Indonesia/335489945490?v=app_2373072738#!/pages/YSnore-Indonesia/335489945490?v=wall

  5. @minmin : terima kasih infox, semoga bermanfaat bagi orang banyak….

  6. @sudarianto: sama-sama. :)

  7. smw yg da d artikel dah d lkukan , tp msih saja tdr sya mndengkur, u/ skdar info sja klo sya pux pxkit amandel, apa amandel bs mgkibatkan tdr mndengkur

  8. @ Ari: amandel yang membengkak memang bisa menyebabkan dengkur, tapi seringkali mendengkur disebabkan oleh lebih dari satu faktor.
    Masalah amandel bisa jadi hanya salah satu faktor.

  9. dengkuran saya sangat keras dan sangat mengganggu pasangan saya dan anak saya…. saya mau tanya bagaimana cara efektif dan cepat untuk mengatasi dengkuran? terus apakah jarang berolahraga akan mengganggu pernapasan sehingga ketika tidur mendengkur? mohon penjelasannya

  10. Cara yg paling cepat dan efektif untuk menghilangkan dengkuran adalah tidur dengan posisi kepala bukan di atas tapi di bawah bantal, it works…trust me

  11. Masalah dengkur hampir smua orang tdr m,ndkur tnpa d sadari oleh yg b,sngkutan ikuti aja ptnjuk dokter

  12. gk spenuhny kita bisa tdr miring semalam, pasti da cpeknya. nah pd saat kita trlentang pasti mndengkur lagi.!!

  13. Makasih infonya

  14. berapa harganya alat anti dengkur kalau bisa mohon dikirim ke alamt ini ;
    BTN GRAHA PELABUHAN PERMAI BLOK A1/14 KELURAHAN SIMBORO, KECAMATAN SIMBORO KAB MAMUJU SULABR 91511 BESERTA NORMOR REKENINGNYA

  15. […] Mengatasi “tidur mendengkur” | DATA DAN INFORMASI … […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: