Cegah HIV/AIDS dengan Kondom

Istilah “cegah HIV/AIDS dengan Kondom” hanya berlaku pada laki2/ perempuan yang suka gonta ganti pasangan, terlebih untuk perempuan PSK. Padahal kondom itu gunanya adalah  untuk  menghalangi sperma dan sel telur ketemu sehingga tidak terjadi  kehamilan.

Berita kompas tanggal 3 November 2008, bahwa Pekan Kondom Nasional 2008 kembali digelar Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN), Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional, DKT Indonesia dan mitra lainnya.Kampanye ini diselenggarakan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran tentang penggunaan kondom sebagai alat untuk menghindari kehamilan tidak direncanakan dan mengatasi penyebaran infeksi menular seksual, termasuk HIV.

Departemen Kesehatan menyebutkan, pada akhir Juni 2007, jumlah orang terinfeksi HIV dilaporkan di 194 kabupaten/kota di Indonesia. Secara kumulatif, jumlah orang yang hidup dengan HIV/AIDS atau ODHA 14.628 orang, terdiri dari 5.813 kasus HIV dan 9.689 kasus AIDS. Kelompok paling rentan dan terbesar terkena penularan HIV/AIDS adalah kelompok usia produktif yaitu 15-49 tahun sebanyak 82 persen“.

Di Sulawesi Selatan, menurut data profil kesehatan Sulsel tahun 2007 diutarakan bahwa jumlah kasus HIV/AIDS di Sulawesi Selatan sebanyak 1.065 orang, yaitu di Kota Makassar  997 orang, Wajo 23 orang, Bulukumba 21 orang, Maros 11 orang, Pinrang dan Enrekang masing-masing 3 orang dan Luwu dan Luwu Timur masing-masing 1 orang.

Padahal langkah terbaik menghindari kehamilan yang tidak direncanakan dan IMS adalah dengan berpantang melakukan hubungan seks sebelum menikah (abstinence) dan saling setia dengan pasangan (be faithful). Janganko selingkuh, apalagi kalau sama PSK…………..

6 Tanggapan

  1. cegah HIV sudah terlanjur basah… saat dulu kita masih steril saja, kita mendatangkan TURIS tanpa busana, memujanya, mengelu-elukannya untuk dapat DUITnya yang kita sebut DEVISA. Dari sana menjalar penyakit….. Padahal kita ke negara SONO mesti diskrining habis…
    Atap sudah bocor… lantai sudah basah… anak-anak terpaksa disuruh pake JAS HUJAN (kondom itu) biar tidak basah.
    ITUKAH SOLUSI ????

  2. Dari pada kena hujan…… he…he…
    Saya kira solusi yang terbaik adalah tidak melakukannya ……
    Tapi solusi jangka pendek adalah menggunakan kondom untuk menghindari perluasan basah, sambil pengetahuan dan promosi harus ditingkatkan, baik itu di sekolahan maupun di lingkungan masyarakat. Selanjutnya didikan agama baik anak2 maupun dewasa….

  3. Kondom bukanlah cara yang baik apalagi terbaik untuk mencegah aids/HIV. Yang mesti kita lakukan untuk mencegah aids/HIV adalah bentengi diri dengan IMTAG dan jauhi segala hal yang bisa menjadi penggoda yang dapat menjerumuskan kita ke hal-hal yang berbau maksiat, seperti seks bebas. Semoga kita bisa terlindung dari perbuatan seks bebas yang sangat menjijikkan dan memalukan itu………..

  4. Ya anda telah mengutarakan cara yang terbaik, namun saya kira belum semua orang mampu menerapkan cara uni Kus. Ya, bagi yang belum bisa menahan untuk seks bebas, supaya penyakit tidak menular, ya… sebaiknya pakai kondom.

  5. AGAR LBH LENGKAP INFORMASANYA DAN TERIMAKASIH

  6. AGAR GAMBAR DAN INFORMASI DI PERJELAS TERIMAKASI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: