PERTEMUAN RENCANA TAHUNAN KESEHATAN TAHUN 2008

img0294a2“ Aktualisasi Peran Provinsi & Kab/Kota Dalam Mendukung Pelayanan Kesehatan Gratis Di Sulsel ”

Bertempat di Hotel Mercure Regency Makassar Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan mengadakan pertemuan Rencana Tahunan Kesehatan Tahun 2008. Pada tahun ini tema yang diangkat adalah ” Aktualisasi Peran Provinsi dan Kab/Kota dalam Mendukung Pelayanan Kesehatan Gratis di Sulawesi Selatan.” Dari tema ini sangat jelas sebagai tindak lanjut dari program pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan yang telah menerapkan Pelayanan Kesehatan Gratis setahun berjalan ini.

Pertemuan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab/Kota, Direktur Rumah Sakit Daerah Kabupaten/Kota, Kepala UPT dan UPTD dan Direktur Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo.

Pertemuan ini menjadi wadah untuk mengevaluasi implementasi pelayanan kesehatan gratis yang telah berjalan di seluruh Kab/Kota, Kepala Bagian Tata Usaha dinkes Sulsel (dr H.Muchlis Manguluang.M.Kes) memberikan pengantar dalam pertemuan ini sebagai panitia pelaksana, bahwa segala keluhan, hambatan yang dialami di daerah masing-masing, baik di Puskesmas, Rumah sakit maupun Dinas Kesehatan dapat ditumpahkan semua dalam pertemuan, sehingga ditemukan suatu solusi untuk memecahkan persoalan-persolan yang kita alami selama ini. Kepala dinas kesehatan provinsi Sulsel (dr.H.Muh.Saad Bustan.M.Kes) lebih lanjut mengatakan dalam sambutannya bahwa program pelayanan kesehatan gratis merupakan program kita bersama yang mau tidak mau harus kita sukseskan penyelenggaraannya, oleh karena itu presentase-presentase mengenai pelaksanaan pelayanan kesehatan gratis yang akan ditampilkan oleh masing-masing narasumber dari dinas dan rumah sakit kab/kota, dimana nantinya akan menjadi dasar penilaian kita , sejauh mana keberhasilan yang telah dicapai pada pelaksanaan pelayanan kesehatan gratis selama ini.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh tamu istimewa komisi IX DPR RI yang kebetulan melakukan kunjungan kerja di Sulawesi Selatan, tentunya diharapkan nantinya ada shering pendapat dari semua pihak yang terlibat dalam pelayanan kesehatan gratis ini.

Kesempatan panel pertama menampilkan 5 presenter yakni Rs.sidrap,Rs Pinrang,Dinkes Palopo dan Dinkes Luwu Timur.

Panel ke ke dua menampilkan beberapa SKPD pemerintah provinsi Sulawesi Selatan yang sengaja di undang sebagai nara sumber antara lain : : Kepala Dinas Prasarana Wilayah Provinsi Sulsel, Kepala Bapedalda Prov.Sulsel, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prov.Sulsel, Kepala Dinas Tarkim dan Bawasda Provinsi sulawesi selatan.Keberadaan beliau-beliau ini sebagai mitra kerja dinas kesehatan dalam menunjang program pelayanan kesehatan gratis yang merupakan program unggulan Provinsi Sulawesi selatan sehubungan dengan rencana Pemerintah Daerah untuk pembangunan Rumah sakit gratis kelas III yang diberi nama Rumah sakit ”Sayang Rakyat”

Panel ke tiga sebagai sesi terakhir menghadirkan Biro Perencanaan dan Anggaran Depkes RI yang di wakili oleh Dr. Slamet

Materi-Materi yang disampaikan pada pertemuan ini adalah sebagai berikut :

  1. Pelayanan Kesehatan Rujukan Gratis di RSUD Nene’mallomo oleh Direktur RSUD kab Sidrap
  2. Pelayanan Kesehatan Rujukan Gratis di RSUD Lasinrang oleh Direktur RSUD Kab.Pinrang.
  3. Pelayanan Kesehatan Dasar Gratis di Dinkes Kota Palopo oleh Kadis Palopo
  4. Pelayanan Kesehatan Dasar Gratis di Dinkes Kab. Luwu Timur oleh Kadis Luwu Timur.
  5. Situasi Terkini Pelayanan Kesehatan Gratis dan Rencana Tindak Lanjut Tahun 2009
  6. Pelayanan Kesehatan Gratis di RS. Dr Wahidin Sudirohusodo
  7. Penyaluran Dana Pelayanan Kesehatan Gratis di Provinsi Sulawesi Selatan
  8. Pengendalian dan Pengawasan Pleyanan Kesehatan Gratis di Provinsi Sulawesi Selatan.
  9. Rencana Pembangunan Rumah Sakit Kelas III Oleh 5 Narasumber yang berbeda yaitu : Kasubdin Pelayanan Kesehatan dan Farmasi Dinkes Sulsel, Kepala Dinas Prasarana Wilayah Provinsi Sulsel, Kepala Bapedalda Prov.Sulsel, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prov.Sulsel, Kepala Dinas Tarkim.
  10. Perencanaan Tahun 2009 oleh Kepala Biro Perencanaan Depkes RI.

Semoga pertemuan ini semakin mengaktualkan arah dan sasaran pemerintah provinsi Sulawesi Selatan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakatnya melalui pelayanan kesehatan gratis .

2 Tanggapan

  1. Baiknya pelayanan kesehatan gratis memperlakukan pasien sebagai pasien UTAMA (karena miskinnya sampai dia digratiskan), jangan ada implementasi yang memperlakukan pelayanan MISKIN ini dengan miskin pelayanan (dijadikan pelayanan warga kelas dua) di RS atau Puskesmas.
    Beri obat yang berkualitas, jumlah yang cukup agar cepat sembuh… itu lebih menghemat biaya negara untuk membuat masyarakat sehat… supaya bisa berproduksi.
    Penting ada biaya jasa pelayanan GRATIS…, bukan begitu hai… masyarakatku yang diberi GRATIS ???

  2. Maunya sih begitu….. asalkan yang mengaku pasien miskin, betul2 miskin. Jangan ada pasien berada (bukan miskin gitu lho…) terus memiliki kartu untuk digunakan berobat gratis. Hati2 lho masyarakat !!! nanti dikutuk jadi miskin betulan……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: