HARI KESEHATAN NASIONAL 2008

2 Tahun lagi Indonesia Sehat 2010 !!! “…Akankah ?

Seremonial perayaan hari kesehatan Nasional baru saja di helat di tanah air ini, tak terkecuali di jajaran pemerintah Sulawesi Selatan, Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan kembali menjadi tuan rumah sebagai yang empunya gawe kesehatan. Segenap jajaran kesehatan hadir dalam upacara puncak tersebut, antara lain, unit pelaksana pusat dan daerah, AKPER Anging Mammiri, AKPER Bayangkara, AKPER Pelamonia, RS Bayangkara dan RS TNI (AD,AL,AU). Bahkan yang mendominasi panitia pelaksana upacara kali ini pada umumnya dari kalangan TNI dan POLRI (mahasiswa kesehatan). Selain itu, turut pula hadir para tenaga medis dan paramedis yang mendapatkan penghargaan tenaga medis dan paramedis teladan yang setiap tahunnya diberikan oleh pemerintah Propinsi Sulawesi Selatan.

Ada suasana lain yang mewarnai upacara HKN di Sulsel tahun ini yakni kehadiran sosok kepala Dinas Kesehatan Provinsi (dr. H. Rahmat Latief, SpPd, M.Kes) yang baru saja dilantik sehari sebelumnya dan untuk pertama kalinya tampil diseluruh jajaran staf dinas kesehatan. Ada kerinduan yang tertutupi setelah sekian lama menantikan kehadiran sosok pemimpin yang sudah lama lowong di kantor dinas ini, dimana saat ini menjadi salah satu SKPD yang sering disorot oleh berbagai kalangan karena merupakan salah satu pengusung program unggulan pemerintah Sulawesi Selatan yakni ” Pelayanan Kesehatan Gratis”.

Inspektur upacara pada HKN ini adalah Sekretaris Propinsi H. Andi Muallim, SH, M.Si sebagai pengganti Gubernur Sulawesi Selatan, karena berhalangan hadir. Sebelum beliau membacakan pidato seragam Menteri Kesehatan RI, sempat berkelakar, seperti ini kata beliau : “Mendengar suara saya, itu menandakan bahwa saya tidak sehat. Saya sudah menjadi Sekda di beberapa kabupaten, dan sering ditunjuk untuk menjadi inspektur upacara pada HKN, dan selalu saya jumpai peserta upacara yang pingsan. Seperti hari ini, 2 orang dibelakang jatuh pingsan, polisi lagi. Itu menandakan bahwa masyarakat kita belum sehat. termasuk saya“. Kelakar beliau disambut riuh oleh peserta upacara. Dan peserta upacara kembali tenang setelah beliau memulai membaca pidato seragam Menkes RI.

Peringatan HKN (Hari Kesehatan Nasional) ke-44 tahun ini menjadi menarik untuk dicermati mengingat 2 tahun lagi program eksclusif Depkes yang pernah di gulirkan beberapa tahun silam yakni seluruh manusia yang bernaung dibawah nusantara ini akan sehat semua melalui ” Indonesia Sehat 2010”. Pertanyaannya adalah, Akankah itu terwujud ?…sementara problematika kesehatan terus mendera perikehidupan kita. Kita sangat berharap kualitas kesehatan masyarakat bisa lebih meningkat dan pada gilirannya nanti juga akan memperkuat negara. Hanya saja, baik tema maupun harapan-harapan pemerintah pada peringatan HKN ke-44 ini, cenderung tidak melahirkan inspirasi baru untuk penguatan pembangunan kesehatan. Kenyataannya, pelayanan kesehatan di masyarakat kita sesungguhnya masih cukup jauh dari sekadar dapat dikatakan “memadai”, apalagi jika itu sudah menyangkut masyarakat yang miskin, masyarakat yang justru mendominasi negeri ini..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: