”PROFIL” DI BALIK PROFIL KESEHATAN PROVINSI SULAWESI SELATAN

Shermina Oruh.SKM.DESS

Shermina Oruh.SKM.DESS

Sejatinya keberhasilan pembangunan kesehatan tersebut diperlukan 2 indikator utama, yakni Indikator Indonesia Sehat (IIS) dan Indikator Kinerja dari Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Kesehtan. Dimana Indikator Indonesia Sehat tersebut ditetapkan dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI, antara lain :
  1. Indikator Derajat Kesehatan sebagai hasil akhir, yang terdiri atas indikator- indikator untuk Angka Harapan Hidup, Mortalitas, Morbiditas dan Status Gizi.
  2. Indikator Hasil Antara, yang terdiri atas indikator-indikator untuk Keadaan Lingkungan, Perilaku Hidup.
  3. Indikator Proses dan Masukan, terdiri dari Akses dan Mutu Pelayanan Kesehatan, Sumber Daya Kesehatan, Manajemen Kesehatan, dan kontribusi sektor terkait. Sedangkan indikator kinerja Standar Pelayanan Minimal (SPM) kesehatan di Kabupaten/Kota atas 47 indikator kinerja dari 26 jenis pelayanan bidang kesehatan yang diselenggarakan oleh kabupaten/kota, serta indikator kinerja lainnya yang pelayanannya ada pada kabupaten/kota tertentu.

Demikianlah gambaran singkat isi yang dimuat dalam sebuah buku yang bernama ”Profil Kesehatan Provinsi”. Buku yang menjadi sarana untuk dapat digunakan dalam melaporkan hasil pemantauan terhadap pencapaian Kabupaten/Kota Sehat dan Provinsi Sehat dan hasil kinerja dari penyelenggaraan pelayanan minimal bidang kesehatan . Buku Profil kesehatan provinsi Sulawesi Selatan ini terbit setiap tahun, dimulai sejak tahun 1998. Profil ini memuat gambaran situasi kesehatan di Sulawesi Selatan, dimana dalam setiap penerbitan selalu dilakukan berbagai upaya perbaikan, baik dari segi materi, analisis maupun bentuk tampilan fisiknya, sesuai masukan dari para pengelola program di lingkup Dinas Kesehatan dan konsumen pada umumnya.

Suatu kebahagiaan pada kesempatan kali ini kami bisa memberikan apresiasi kepada sosok dibalik penerbitan buku profil yang selama ini di kelola bagian Data Dinas Kesehatan propinsi sulawesi selatan, profil seorang saudara, teman dan sahabat dalam mengakselerasikan semua pekerjaan yang diberikan kepadanya. ” Bekerjalah dengan menggunakan hatimu karena dengan begitu engkau akan memperlakukan orang seperti engkau menperlakukan dirimu sendiri”. Demikian sedikit ungkapan yang beliau sampaikan saat penulis berkesempatan ngobrol sejenak di ruangannya.

Perjalanan waktu yang cukup panjang dalam menapak karir sebagai pegawai negeri sipil, dimulai pada salah satu Puskesmas di Kabupaten pangkep Propinsi Sulawesi selatan untuk kemudian pindah ke Kanwil Kesehatan Sulsel dimasa itu. Menumbuhkan rasa cinta terhadap Data dimulai saat pimpinan menempatkannya sebagai staf pengelola Data yang mungkin bagian ini menjadi bagian yang kurang diminati saat itu karena identik dengan pekerjaan yang menjemukan, ” Pengumpulan dan Pelaporan ”, mengumpul angka-angka untuk kemudian dilaporkan.

Keuletan dan kesungguhan yang merupakan akumulasi dari sebuah rasa cinta, rasa cinta terhadap data yang semakin kepincut saat memilih jurusan ketika ditawarkan untuk melanjutkan sekolah keluar negeri (Perancis). Memilih jurusan yang berkaitan dengan Sistem Informasi Kesehatan disalah satu Universitas terkenal di perancis ”

UNIVERSITE MONTPELLIER I. FACULTE DE MEDECINE L’INFORMATION DU MEDECINE ET SANTE ”

Pada tahun 2007 beliau diberikan amanah untuk menduduki jabatan sebagai Kepala sub.bagian Perencanaan Dinas kesehatan povinsi Sulawesi selatan hingga saat ini, kesibukan yang begitu padat namun kecintaan kepada data tidak berakhir disitu bahkan semakin memotivasi keinginannya untuk mewujudkan mimpi-mimpinya yang sudah lama terpendam katanya.

” Menjadikan Bagian Data Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi selatan ini menjadi sumber Informasi yang sangat bisa di percaya untuk digunakan oleh para pengambil keputusan, karena data yang baik adalah data yang telah memenuhi syarat kelengkapan, kemutakhiran, kehandalan, terolah dengan baik, tersimpan dengan rapi dan mudah didapat bila diperlukan agar mampu mendukung proses pengambilan keputusan secara tepat. Data yang dikumpulkan dari berbagai sumber memerlukan pengolahan lebih lanjut menjadi informasi yang memiliki nilai sebagai alat pendukung proses pengambilan keputusan. Jadi tidak sesederhana pandangan sebagian orang yang mengatakan bahwa pekerjaan bagian Data itu hanya sebatas ”Pencatatan dan Pelaporan ”.

profil kesehatan provinsi sulawesi selatan tahun 2008 : [download]

7 Tanggapan

  1. Dengan tiak mengurangi rasa hormat saya, je vous dirais : “mercy beaucoup” de vos bonte.

    Keep on your spirit and do it always with your heart. I love all of you….

  2. i believe that she will bring “Profil Kesehatan Sulawesi Selatan” into golden age. why? because she and her team has a lot of experience in data collection and information performance. have a nice job, madame… and keep this site up to date.

  3. trima kasih, semua harapan ini kami anggap sebagai doa bagi kami untuk tetap eksis di Data (salim.tettamangung)

  4. Hi, Shermina, How are you. I think you are very busy to handle your data.

  5. Hai… Ketemu lagi yah. Makin sibuk aja nih dengan proyek Profil kesehatannya. Salut deh atas keberhasilan Bu Sher dan Teamnya. Ngomong-ngomong boleh nggak saya dapetin juga buku profilnya. Atau boleh juga kalau ada soft copynya, kirimin lewat e-mail saya. Salam sukses selalu untuk Bu Sher dan teman2 di Sekr Data dan Informasi Dinkes Prov. Sulsel. Maju terus buat Sher & Her Team. Bravo.

  6. Bang Doel, tidak perlu dicopykan. Klik saja profil kesehatan pada halaman di atas, kemudian download, OK. Silahkan….

  7. Hi Dr. Ridwan…
    Welcome to our blog, thanks a lot for your comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: