PROGRESS PROGRAM PELAYANAN KESEHATAN GRATIS DI SULSEL

Sejak diberlakukannya Pelayanan Kesehatan Gratis di Sulawesi Selatan melalui Peraturan Gubernur Nomor 13 Tahun 2008 tertanggal 01 Juli 2008, berbagai komentar mulai bermunculan, mulai komentar “hitam”, “putih” & “hitam putih”. Whatever your comment, that’s a reality…we can do it & programme must go on !

Untuk itu diperlukan sebuah komitmen penuh (full commitment), bukan komitmen yang setengah hati alias panas-panas tahi ayam dalam melaksanakan program tersebut. Komitmen penuh ini terus dibuktikan oleh Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih periode 2008-2013. Mungkin belum semua tahu bahwa program unggulan ini dilaksanakan secara bertahap semasa kepemimpinan beliau. Tahun 2008-2009 merupakan tahap uji coba, tahun 2010-2011 merupakan tahap pemantapan dan tahun 2012-2013 merupakan tahap pengembangan.

Terhitung Juli 2008 telah diluncurkan bantuan dana tahap I kepada 23 kab./kota dan beberapa RS/Balai tk. provinsi, kemudian pada bulan September 2008 kembali diluncurkan bantuan dana tahap II. Bukan hanya bantuan dana, namun proses legalisasi untuk menjadi sebuah payung hukum terus diupayakan sehingga tersusun sebuah PERATURAN DAERAH…Yesss!

Lima (5) bulan sudah berjalan program pelayanan kesehatan gratis ini dan memasuki akhir tahun 2008, kembali pemerintah provinsi melalui Dinas Kesehatan Provinsi akan melakukan Evaluasi dan Rencana Tindak Lanjut 2009 melalui suatu pertemuan Semiloka pada tanggal 25 November 2008 di Hotel Mercure dengan menghadirkan seluruh Kepala Dinas Kesehatan dan Direktur RSUD serta Pengelola JAMKESDA Kab./Kota ditambah dengan stakeholder yang terkait. Forum ini akan membahas secara detail tentang kepesertaan, pembiayaan, jenis pelayanan kesehatan dan pengawasan, dll dalam rangka penyempurnaan manlak yankes gratis serta rancangan-rancangan untuk memasuki tahap pemantapan, khususnya dalam melahirkan sebuah PERDA YANKES GRATIS.

Kami berharap seluruh pihak untuk bekerjasama, terima kasih bagi yang telah mendukung program ini, dan terima kasih yang sama pula bagi yang belum/tidak mendukung program ini. Decision is yours, if you don’t agrree this programme, give us the positif solution! Don’t become “NATO” staff: No Action Talk Only, ok???

3 Tanggapan

  1. luruskan niat,mari kedepankan hati nurani,maju terus selama itu niatnya baik, semua masalah pasti terpecahkan…yes…yes…yes

  2. memang kelewatan kalo niat saja masih tak lurus… Tapi sapa tahu ada yang OK dibalik yang satunya. Balik kiri tak OK…. balik kanan ???
    yang penting jangan pake Iklan Rokok buat TALKing and Action.

  3. kalo masih ada yang tidak setuju dgn kesehatan gratis itu kelewatan ,sudah jelas programnya bukan janji politik semata tapi masyarakat kecil sudah betul-betul merasakan manfaatnya semoga tetap bisa dilanjutkan dan semua kabupaten disul-sel bisa membuat dan memberlakukan perda kesehatan gratis,kt lihatkomitmen Bupatinya apakah betul memihak pd rakyat kecil???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: