PELAYANAN KESEHATAN GRATIS

Bonjour…

Baru-baru ini, kami melakukan semiloka Evaluasi dan Rencana Tindak Lanjut Pelayanan Kesehatan Gratis di Sulsel. Semiloka ini dititik beratkan pada evaluasi pelaksanaan yankes gratis terhitung tanggal 1 juli hingga saat ini. Hasilnya sangat LUAR BIASA!!!!!!

Luar biasa antusias masyarakat dalam pemanfaatan sarana dan pelayanan kesehatan dan luar biasa juga provider kesehatan memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut. Pemerintah provinsi telah memenuhi janjinya untuk memberikan bantuan dana kepada kab./kota dan kab./kota juga berupaya untuk memenuhi kebutuhan puskesmas dan RS dengan menyalurkan dana tersebut kemasing-masing unit pelayanan.

Perjalanan kurang lebih 5 bulan telah membawa arti khusus buat masyarakat di Sulsel, namun buat provider kesehatan hal ini berarti sebuah tantangan lahir dan batin. Bagiamana tidak, secara lahiriah, dengan semakin banyaknya masyarakat memanfaatkan sarana pelayanan kesehatan memberi 2 arti, pertama hal tsb dapat menunjukkan bahwa angka kesakitan dalam suatu wilayah itu tinggi (dengan kata lain status kesehatan wilayah tsb rendah) dan arti kedua adalah kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan sarana kesehatan meningkat (akses masyarakat dari sisi biaya bukan lagi menjadi hambatan). Secara batiniah, dengan meningkatnya kunjungan masyarakat ke sarana pelayanan kesehatan, petugas kesehatan dituntut senantiasa berada dalam kondisi prima, harus selalu memberi Senyum, Salam dan Sapa kepada seluruh pengunjung (client or pasien), apapun kondisi pasien/client, petugas kesehatan harus memberikan yang terbaik kepada masyarakat, padahal kita semua (pasien dan petugas) sama-sama manusia yang punya keterbatasan, sering nilai-nilai kesabaran menjadi hilang dalam diri kita hanya karna sesuatu hal yang sebenarnya tidak penting untuk dipersoalkan….

Hasil semiloka tsb, membuahkan beberapa point untuk diperbaiki khususnya point-point yang harus ada dalam pedoman pelaksanaan & petunjuk teknis pelayanan kesehatan gratis. Point kepesertaan misalnya, diharapkan tidak ada lagi batasan-batasan yang terlalu mengikat, hal ini ditegaskan oleh kadinkes Sinjai karena hal tsb dapat membelenggu tatanan yang telah dibangun sebelumnya, dari point pelayanan baik di puskesmas maupun di RS perlu mempertegas jenis pelayanan mana yang benar-benar gratis dan mana yang tidak gratis, dari point pembiayaan, disarankan agar pemberlakuan tarif pelayanan perlu segera direvisi dan disesuaikan dengan tarif yang berlaku di Jamkesmas (versi Depkes), perlu juga menjadi perhatian mengenai biaya obat-obatan, jasa medis dan paramedis, sementara dari point pengawasan, perlu optimalisasi tim pengendali dan verifikator tingkat kab./kota, perlu dibuatkan payung hukum (PERDA) pelayanan kesehatan gratis tersebut.

Hal menarik dan menjadi perdebatan yang alot adalah masalah distribusi bantuan dana yang disalurkan oleh Pemprov ke Kab./Kota, beberapa kab./kota ada yang sudah dapat memanfaatkan tetapi ada juga kab./kota yang belum dapat menggunakannya karena bantuan tsb dihitung menjadi PAD. Hal ini butuh kesepahaman untuk menghindari terjadinya kesalahpahaman pada saat dilakukan pemeriksaan oleh aparat pengawas fungsional.

Tindaklanjut yang perlu segera diambil adalah mereview manlak dan juknis agar dapat disebarluaskan kembali kepada masyarakat hal-hal yang menjadi hak dan kewajiban masyarakat dan provider kesehatan. Memasuki tahun 2009 yang merupakan tahun ke 2 dalam tahapan ujicoba pelayanan kesehatan gratis ini, pemprov melalui Dinkes Provinsi telah menyusun berbagai agenda kegiatan antara lain mengenai penyusunan PERDA, Disseminasi Informasi melalui media (cetak dan elektronik), Monev dan Bindal serta Semiloka yang dikhususkan bagi akademisi, wartawan, & LSM. Di tahun 2009 diharapkan ada bayangan dalam memasuki tahapan ke dua untuk pengembangan pelayanan kesehatan gratis di tahun 2010-2011…Semoga!!

3 Tanggapan

  1. Semoga dengan pelayanan kesehatan gratis dapat meningkatkan derajat kesehatan, bukan sebaliknya. Masyarakat kita terlalu gila gratissss. Begitu mendengar ada dermawan membagi-bagi sembako secara gratis, masyarakat menyerbu dan rela antri akhirnya merenggut nyawa. Sekarang, digratiskan pelayanan kesehatan….. masyarakat menyerbu fasilitas kesehatan untuk memperoleh pelayanan gratis tersebut. Jika seandainya suatu saat dibuka suatu lowongan kerja gratis, apakah masyarakat akan membludak juga ? hmm

  2. assalamualaikum:

    adik saya sementara menyusun skripsi tentang [elayanan kesehatan gratis.dia butuh literatur dan contoh formulir untuk pekayanan kesehatan gratis.
    kepada bapak, saya minta tolong dikirimkan contoh formulir untuk pelayanan kesehatan gratis;

    alamat email yang bisa dihubungi adalah :tutymedicaholic@yahoo.co.id

    terimakasih sebelumnya..
    wassalam

  3. kesehatan gratis!!!!!!!!!!!!!!1
    wajib hukumnya. sehat adalah hak dasar setiap masyarakat.
    masyarakat sehat pasti aka melahirkan generasi cerdas&berahklak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: