PERTEMUAN KOORDINASI PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PUSKESMAS(SIMPUS)

img0313aDinas kesehatan provinsi Sulawesi Selatan dalam hal ini Subdin Promosi  dan Kesehatan Masyarakat, khususnya Seksi Puskesmas berkolaborasi dengan urusan Data dan Informasi Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan mengadakan pertemuan Koordinasi Pengembangan Sistem Informasi Kesehatan (Simpus) yang penyelenggaraannya berlangsung di Bumi kelahiran salah satu Putra terbaik Bangsa “ Prof.DR.Ing. B.J. Habibie” Kota Pare-Pare. Salah satu hotel yang berada dipuncak bukit yang menyajikan pemandangan indah dari bawah, Pantai Pare-Pare yang yang merupakan sisi lain dari pantai Losari di Makassar “ Hotel Kenari Bukit Indah”.

Kebutuhan akan informasi yang cepat dan mudah diperoleh sangat dibutuhkan oleh Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan. Idealnya informasi di bidang kesehatan dapat digali secara luas di linkup Puskesmas. Informasi tersebut meliputi :

1. Data Pasien

2. Data Penyakit

3. Data pengobatan yang diberikan

4. Data kondisi masyarakat secara umum

5. Data Kinerja petugas pelayanan kesehatan beserta hasilnya terhadap masyarakat dapat dilihat melalui data Puskesmas.

Data-data inilah yang sangat menentukan dalam keberhasilan penentuan kebijakan serta dapat menunjukkan kapasitas kerja dari unit pelayanan kesehatan yang bernama Puskesmas. Demikian yang menjadi latar belakang diadakannya pertemuan ini. Hadir dalam pembukaan pertemuan tersebut adalah Kepala Dinas Kesehatan Kota Pare-Pare ( dr.Hj. Chaerani kadir M.Kes) Wakil kepala Dinas Kesehatan provinsi Sulawesi Selatan (dr.H.Muh.Sa’ad Bustam.M.Kes) dan Kasubdin Promosi dan Kesehatan Masyarakat Provinsi Sulawesi Selatan (Tadjuddin Tulang SKM.M.Kes). Turut hadir sebagai Nara sumber pada pertemuan ini adalah Kuning Tiadi,.SKM.M.Kes dari Binkesmas Depkes Pusat RI.

Materi-materi yang disajikan dalam pertemuan tersebut adalah sebagai berikut :

1. Kebijakan SIK di Sulawesi Selatan

2. Kebijakan Simpus dan pemafaatan Data Kesmas

3. Pengembangan perencanaan Data Dasar Puskesmas

4. SP2TP dan PTP

5. Penilaian Kinerja Puskesmas

Semoga dengan pertemuan ini, kedepannya Puskesmas benar-benar telah menjadi ujung tombak pelayanan kesehatan, sebagai gerbang pertama keluarnya informasi yang akurat dan valid untuk digunakan dalam menentukan arah kebijakan pembangunan kesehatan dimasa-masa yang akan datang.

3 Tanggapan

  1. mungkin perlu dibuat terang… mengenai kejelasan jejak-jejak data dari mana mau kemana… dan bagaimana dia diperankan dalam proses manajemen.
    Ibarat menelusuri jejak SUDIRMAN… siapa tahu disatu tempat data itu masuk laci, dan hanya sampai disitulah ia selama-lama ini. Ibarat GAJAH yang berbaris menuju tempat peristirahatannya … disana bangkai GAJAH dan GADING GAJAH ternyata berserakan tak diapa-apakan.
    Dugaan yang baik dibuktikan…

  2. salam kenal untuk pengelola buletin ini..
    wah pak syahrir, dah duluan kasih komentar hehe..
    masalah kejelasan jejak data baru satu bagian kecil dari masalah besar SIK pak, tugas bersama untuk membenahi ini. Pertemuan semacam itu sangat penting untuk terus mencari kesepahaman dalam permasalahan Simpus, cuma jangan hanya jadi arena untuk presentasi ini itu saja, perlu segera disusun kesepahaman juga tentang langkah-langkah yang harus diambil. Sudah waktunya aksi nyata dalam ber simpus ria … nah perkara nanti jadi bangkai Gajah atau Gading Gajah, itu kerja bersama…

  3. Terima kasih atas komentar bapak2 ini, komentar ini akan memotivasi kami untuk memperbaiki kinerja kami. Insya Allahkami akan mengatur langkah kami secara perlahan2 kedepan sambil menoleh ke kiri dan ke kanan, dan tak terkecuali menoleh ke bapak2 ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: