PERTEMUAN PEMUTAKHIRAN DATA KE 2 DINAS KESEHATAN PROVINSI SULAWESI-SELATAN TAHUN 2008

HOTEL KENARI BUKIT INDAH PARE-PARE 4 DESEMBER 2008

img0328a

Akhir tahun 2008 ini Tim Data Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan melakukan pertemuan Pemutakhiran Data profil kesehatan,kegiatan kali ini di selenggarakan diluar kota Makassar tepatnya di Kota Pare-Pare, salah satu kota niaga yang berjarak kurang lebih 120 KM dari Kota makassar untuk memberikan suasana yang baru bagi peserta dan penyegaran dengan harapan semoga hasil yang diperoleh dari pertemuan ini dapat memberikan angin segar dalam perubahan kearah yang lebih baik. Seperti pertemuan-pertemuan sebelumnya, peserta pertemuan dihadiri oleh seluruh pengelola Data di 23 kabupaten dan kota di Sulawesi-Selatan.

Pada pertemuan ini, hadir sebagai nara sumber pertemuan adalah Kepala Bagian Tata Usaha Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan (dr. H.Muchlis Manguluang.M.Kes) dengan materi Kebijakan Sistem Informasi Kesehatan (SIK). Dalam materinya beliau menyampaikan bahwa Sistem informasi kesehatan tidak bisa berdiri sendiri melainkan merupakan bagian fungsional dari sistem kesehatan, dalam SIK harus dikembangkan upaya saling mendukung antara pengumpulan data rutin dan pengumpulan data sewaktu-waktu, SIK dikembangkan secara bertahap dengan ditunjang oleh pengembangan infrastruktur SDM dan TI.

Kedepan dukungan data dari Kabupaten/Kota melalui Siknas Online, sehingga pengiriman data-data dari kabupaten dan kota tidak lagi menganut sistem print out, secara bertahap Dinkes kab/kota mengembangkan SIK secara bersama-sama didaerahnya dengan unit pelayanan lain. Issue yang kembali mencuat dalam pertemuan ini adalah diagnosa penyakit oleh dokter kaitannya dengan pengumpulan data penyakit di Puskesmas yang mempertanyakan penggunaan ICD 9 dan ICD 10, masalah yang kemudian timbul adalah belum adanya kesepahaman di kabupaten/kota tentang penggunaan kedua sistem ini, sehingga di rencanakan diadakan pertemuan lanjutan di propinsi untuk para pengambil kebijakan dalam hal ini para kepala dinas kabupaten/kota.

Akhir pertemuan tersebut diharapkan kepada seluruh dinas kabupaten/kota untuk membuat suatu kegiatan pertemuan seperti semi loka dengan menghadirkan DPRD, Pemda dan lintas sektor terkait dengan materi peranan data dalam perencanaan pembangunan daerah. Selanjutnya dari pertemuan ini juga kita berharap agar tersusun kesepakatan-kesepakatan tentang data dan informasi kesehatan yang valid dan dipercaya, sesuai kebutuhan dan waktu pelaksanaan pengumpulan, pengolahan, penyajian data dan informasi kesehatan baik di tingkat kabupaten/kota maupun di tingkat propinsi. Akhirnya kepada seluruh pengelola data dan informasi kesehatan kabupaten/kota agar dapat mengajak seluruh personel dilingkungan kerjanya masing-masing agar dapat awear terhadap informasi, kabag TU usulkan jabatan fungsional, buatlah jejaring mengenai data dan informasi dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten sampai ke provinsi dan membuat feed back kepada seluruh instansi terkait yang berhubungan dengan data yang dikumpulkan sehingga mereka merasa dihargai.

5 Tanggapan

  1. Jaman sudah semakin maju tapi kenapa ICD di Indonesia khususnya di puskesmas di Sulsel tidak maju-maju ya????

  2. Hiduplah data… bak kata…

  3. Bak kata sudah lumayan sedikit, daripada pelihara bak kosong…..

  4. Ada berapa kali pemutahiran data? he ….. he ……
    Soal ICD meman kelihatannya sulit, ada yang ICD beneran dan ada juga yang disederhanakan. Tinggal kesepakatan kita saja koq …. betul bu Shermina. … kesepahaman …… asal kawan-kawan pelaksana mau melaksanakan dengan konsekwen.
    Majulah Sulawesi Selatan.

  5. Pemutakhiran data di Sulsel tahun 2008 dilaksanakan 2 kali, buan Juli untuk data tahun 2007, dan Desember untuk data terakhir termasuk data dasar puskesmas.

    Draft LB1 yang berbasis ICDX sudah dibuat, jika sudah disetujui oleh Kadinkes Prov. Sulsel, akan diedarkan ke Kab/Kota untuk digunakan di Puskesmas. Begitupun ICDX yang lengkap (berbahasa Indonesia), mudah2an dapat di perbanyak untuk Dinkes Kab/Kota.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: