PELATIHAN DATABASE BAGI PETUGAS PUSKESMAS

HOTEL NATURAL MASAMBA, 11 – 14 DESEMBER 2008

img0331a

 

Pengolahan Data Base di Kab.Luwu Utara dimulai di dua tahun terakhir ini yaitu sejak tahun 2006, kegiatan ini berawal  setelah mengikuti  pelatihan di Makassar yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan yang telah diselenggarakan di Dinas Kesehatan Provinsi yang dilatar belakangi oleh beberapa hal sebagai berikut :

  1. Tenaga yang pernah dilatih sudah banyak yang meninggalkan tempat karena mutasi
  2. Ada penumpukan tenaga di satu puskesmas
  3. Softwer yang pernah diberikan mengalami kemacetan sehingga perlu untuk diperbaharui lagi
  4. Beban kerja sebagian petugas pengolah data yang terlalu banyak sehingga tidak ada waktu untuk mengentri data.

 Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Utara (Hj.Masytah Andi Nakko SKM), yang sebelumnya didahului oleh laporan Ketua Panitia dalam hal ini Kepala Seksi Perencanaan Dinkes Luwu Utara (Syahruni SKM). Turut hadir tiga nara sumber Dinkes Provinsi Sulawesi Selatan (Sudarianto,SKM.M.Kes, Mursalim Madjid.SE.MPH dan Muhammad Nur SKM). Peserta yang hadir mengikuti pelatihan ini adalah para pengelola data yang ada di seluruh Puskesmas di Kabupaten Luwu Utara yang nantinya diharapkan menjadi pengelola data yang handal di Puskesmasnya masing-masing.

Lebih lanjut dalam sambutannya,  sekertaris Dinkes Kabupaten Luwu Utara mengatakan bahwa Komitmen yang cukup tinggi yang ditunjukkan oleh Pemerintah daerah dalam hal ini Bupati Luwu Utara akan pengembangan Sistem Informasi Kesehatan di Daerah yang diwujudkan dengan perhatian Pemda untuk memberikan alokasi dana yang cukup untuk pengembangan SIK, hal ini mungkin bisa kita lihat para pengelola data di Puskesmas yang sudah dilengkapi dengan Laptop. Perhatian yang tinggi ini tentunya kita sebagai tenaga kesehatan harus memberikan respon yang tinggi pula, olehnya itu kami sangat berharap agar para peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, para kepala puskesmas diharapkan dapat menunjukkan kepedulian yang tinggi dengan menunjuk dan mengutus pesertanya yang betul-betul kompeten dan mencintai data. Akhirnya dari semua yang kita lakukan ini merupakan tonggak yang kokoh untuk memperoleh data secara cepat dan berkualitas yang sangat dibutuhkan dalam  pengambilan kebijakan khususnya dibidang kesehatan dimasa-masa yang akan datang.

 

4 Tanggapan

  1. mantap .. go sik ..

  2. Saya merencanakan kerjasama minat SIMKES untuk pengembangan SIKDA di Kab. Luwu Utara mulai tahun 2009. Mudah2an usulan disetujui oleh PEMDA Kab. Luwu Utara.

  3. moga-moga rencana kerjasamanya bersambut. SIMKES mau membuat pelatihan “pengembangan fasilitator SIKDA”. Kira-kira teman-teman daerah pada berminat nggak ya? Topik-topik apa yang relevan untuk dipelajari dan ketrampilan apa yang dirasakan kurang di lapangan saat ini?

  4. Bagus sekali itu pak, cuman masalahnya waktunya pak, kalo bisa saat tahun anggaran berjalan normal. He …. he … biasa pak, gak bisa ikutan kalo dananya belum turun …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: