PELATIHAN TOT PERHITUNGAN UNIT COST PADA PPK 1 DALAM PENYELENGGARAAN JAMINAN KESEHATAN BAGI DAERAH

Hotel Nikki Denpasar Bali 16–19 Desember 2008

img0337aPenyelenggaraan Jaminan kesehatan di Rumah sakit menjadi salah satu faktor yang sangat menunjang dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Penyelenggaraan jaminan itu adalah pemeliharaan kesehatan paripurna yang dikemas dalam bentuk paket layanan pemeliharaan kesehatan yang terdiri atas paket pemeliharaan kesehatan dasar (Paket dasar) dan Paket pemeliharaan kesehatan tambahan (Paket Tambahan). Idealnya paket pemeliharaan kesehatan yang ditawarkan kepada peserta seyogyanya dengan harga yang pantas dan layak serta dilakasanakan pula dalam satu sistem pembiayaan yang terkendali.

Berkenaan dengan hal tersebut maka perlu diadakan suatu peningkatan dan pemberdayaan PPK jaminan kesehatan dalam pembiayaan praupaya dengan cara penentuan harga yang layak melalui perhitungan satuan biaya dalam setiap jenis pelayanan yang akan diberikan. Diperlukan suatu keterampilan menghitung satuan biaya praupaya pelayanan kesehatan bagi petugas PPK jaminan kesehatan dengan membuat terlebih dahulu pedoman perhitungan unit cost PPK. PPK 1 dalam hal ini Puskesmas merupakan ujung tombak dalam pelayanan kesehatan masyarakat.

Secara umun tujuan pelatihan ini adalah agar peserta mampu melakukan perhitungan unit cost dan penerapannya dalam penyelenggaraan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan. Kepala Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan (Dr. H.A. Chalik Masulili,MSc), dalam sambutannya mengatakan era penentuan kebijakan di Departemen kesehatan saat ini sudah menganut sistem Evident Base dan tidak lagi didasari oleh instin dan daya nalar kita masing-masing, perhitungan unit cost menjadi jawaban bagi kita dalam penentuan tarif di Puskesmas yang selama ini dirasakan kurang efektif dan efisien dalam pelayanan dan pembiayaannya.

Sebagai kesimpulan dari pelatihan ini adalah bahwa sistem pembayaran pra upaya diperlukan pengembangan keterampilan analisis pembiayaan bagi para pelaku penyelenggaraan jaminan pemeliharaan kesehatan, dengan pemahaman perhitungan unit cost, maka sarana pelayanan kesehatan seperti Puskesmas sebagai sarana kesehatan primer dapat menentukan biaya yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan pelayanan kesehatan berbasis perhitungan biaya yang dikeluarkan. Pengembagan keterampilan dalam analisis biaya dilaksanakan sekaligus dengan pembekalan bahan advokasi ke pemerintah daerah dalam kerangka pengembangan sistem pembiayaan kesehatan.

5 Tanggapan

  1. Wah, maaf saya baru baca situs ini. Saya sangat tertarik mengenai cara menghitung unit cost, khususnya unit cost pelayanan medik di RS.
    Seandainya sudah ada materi, bolehkah saya memilikinya? mohon dikirim ke alamat e-mail saya.
    Terima kasih

  2. Saya juga tertarik mengetahui cara menghitung unit cost pelayanan medik di RS, kalau ada materi cara menghitung unit cost mohon dikirim ke alamat e-mail saya.
    terima kasih.

  3. saya ingin mengetahui cara perhitungan unit cost rawat inap di rumah sakit, mohon dikirim ke alamat email saya, secepatnya. terima kasih…

  4. saya ingin mengetahui cara menghitung unit cost di puskesmas sebagai pelayanan dasar, mhn dikrmkan ke email saya,trks

  5. Saya sangat tertarik menghitung unit cost sebagai tarif kedepan rumah sakit, mohon sekali infokan ke saya untuk dapat mempelajari, tx before..

Tinggalkan Balasan

