Ada apa dengan ibu bidan di Sulsel ?

new-picture-9Cakupan Pertolongan Persalinan oleh Tenaga Kesehatan adalah cakupan ibu bersalin yang mendapat pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan yang memiliki kompetensi kebidanan di satu wilayah kerja pada kurun waktu tertentu.

Cakupan pertolongan persalinan di Sulsel pada tahun 2007 sebesar 72,68% masih dibawah standar nasional, namun beberapa Kab./Kota yang presentasenya > 90% antara lain Parepare (99,26), Pinrang (98,40), Pankep (97,68), Soppeng (95,43), Barru (94,06), Luwu Timur (92,87), Enrekang (91,65). Sedangkan yang paling rendah adalah Kab. Gowa (5,50) dan Bone (48,50). Kedua kabupaten ini perlu mendapat perhatian khusus tentang cakupan pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan, karena di Kab. Gowa sebanyak 325 orang perawat/bidan, dan Kab. Bone sebanyak 282 orang perawat/bidan. Perlu dilakukan penilaian kinerja khusus untuk tenaga perawat dan bidan pada dua kabupaten ini.

Selain itu jika dilihat perkembangan presentasi ibu hamil yang ditolong new-picture-161oleh tenaga kesehatan tiga tahun terakhir ini mengalami penurunan, yaitu 78,69% pada tahun 2005 turun menjadi 77,06% pada tahun 2006 dan semakin menurun menjadi 72,68% pada tahun 2007.

“Ada apa dengan ibu bidan ???????????

Hal ini perlu ditelusuri kebenarannya, apakah keadaan sebenarnya memang demikian ataukah proses pengumpulan datanya yang bermasalah.

3 Tanggapan

  1. perlu di cross cek dari kartu ibu di bidan desa …

  2. nanti kami feedback ke kab/kota

  3. bisa ditampilkan data cakupan persalinan oleh tenaga kesehatan di Indonesia oleh tenaga kesehatan di Indonesia menurut data depkes RI?
    trimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: