Program for Community Water Supply and Sanitation Services(WSLIC )

salim madjid

salim madjid

“BERAKHIR APRIL 2009″

Awal tahun di bulan januari 2009 berlangsung pertemuan penyusunan PMR 28 Program For Community Water Supply dan Sanitasi Service atau yang lebih dikenal dengan WSLIC di Aula II Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, pertemuan tersebut sebenarnya dirangkaikan dengan peresmian dan pemakaian perdana Aula II Dinas Kesehatan provinsi Sulawesi selatan yang berada di gedung Subdin P2PL lantai 2.

Seperti kita ketahui bahwa program WSLIC adalah program yang orientasi kegiatannya pada bidang air bersih dan sanitasi yang ditujukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang kurang dan tidak mendapat akses air bersih dan sanitasi, sehingga program WSLIC ini lebih banyak menyentuh daerah-daerah pedesaan.

Dilatar belakangi oleh karena dari tahun ke tahun masalah kesehatan di Indonesia hingga saat ini masih memerlukan perhatian serius antara lain : Rendahnya status kesehatan penduduk miskin, kualitas, pemerataan dan keterjangkauan pelayanan kesehatan yang masih rendah serta perilaku masrakat yang kurang mendukung pola hidup bersih dan sehat.

Untuk mendukung dan meningkatkan mutu kesehatan masyarakat itulah Indonesia mengadakan proyek WSLIC, dimana proyek ini di danai Bank Dunia, Pemerintah dan Masyarakat. Program ini memang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan, produktivitas dan kualitas hidup masyarakat berpenghasilan rendah di pedesaan. Melalui penyediaan air bersih, peningkatan kualitas ini juga diharapkan tercapai dengan pendidikan perubahan perilaku serta pelayanan kesehatan penyakit berbasis lingkungan.

Di Provisi Sulawesi selatan, tiga Kabupaten yang melakukan program WSLIC ini adalah Kabupaten Bone, Jeneponto dan Enrekang. Berbagai sarana air bersih baik berupa perpipaan dengan system gravitasi, perpipaan dengan sumur bor dalam dan sumur gali, serta sarana sanitasi berupa jamban umum dan jamban keluarga telah terbangun dan dimanfaatkan masyarakat.

Pertemuan penyusunan PMR 28 WSLUC-2 itu sendiri bertujuan untuk menyusun PMR-IV 3 Kabupaten tersebut, menyusun PMR-IV konsolidasi Provinsi sulawesi selatan tahun 2008, mengetahui kemajuan pelaksanaan fisik program WSLIC-2 serta mengetahui sudah sejauhmana penyerapan dana program WSLIC-2 di sulawesi selatan termasuk anggaran BLN sebagai Hibah. Hadir dalam pertemuan tersebut adalah Bapak kepala Dinas Kesehatan Provinsi sulawesi selatan (Dr.H.Rahcmat latief SpPd.M.Kes), Kasubdin P2PL (Dr.H.Muh.Anwar.M.Kes) serta perwakilan 3 Kabupaten sebagai pelaksanan kegiatan.

Dari laporan ketua panitia pelaksana pertemuan (Drs. Muslim Rasyid) diketahui bahwa program WSLIC ini sudah berada pada tahap akhir dari sebuah kegiatan karena pada april atau sekitar 3 bulan lagi akan berakhir ditahun 2009, sehingga diharapkan percepatan kegiatan yang mungkin masih tertunda pengerjaannya dan pada akhirnya kita dapat melakukan evaluasi dari kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan.

(Pertanyaannya adalah sejauh manakah keberhasilan program yang ditelurkan pemerintah ini apakah tujuan awal program ini yakni meningkatkan status kesehatan penduduk miskin, kualitas, pemerataan dan keterjangkauan pelayanan kesehatan yang rendah serta perilaku masyarakat yang kurang mendukung pola hidup bersih dan sehat sudah sudah tercapai khususnya di Sulawesi Selatan ??? ) …Semoga menjadi bahan pemikiran kita semua khususnya pihak-pihak yang terkait dengan program ini…

3 Tanggapan

  1. gantengnya fotonya di’

  2. hiiii…kenapa kita yang bilang buka perempuan, lain2ki kurasa,he he he

  3. assalamu alaikum. P’ Kadis Kami ingin bertanya apakah program WSLIC ini masih ada ato masih berjalan. kami adalah sarjana penggerak pembangunan diperdesaan yang ingin membantu masyarakat desa agar kehidupannya lebih baik dari segi ekonomi, namun ternyata masalah didesa kami yaitu desa mattirotasi kecamatan maros baru, lebih tepatnya dusun manrimisi lompo membutuhkan bantuan bapak kadis untuk masalah tidak tersedianya air bersih di desa kami khususnya pada musim kemarau. untuk itu kami meminta bantuan bapak agar kiranya dengan tersedianya air bersih di desa kami, kami tak kesuasahan lagi pada saat musim kemarau. terima kasih wassalam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: