KEAJAIBAN KERJA JANTUNG

p1280098Jantung kita besarnya hanya sekepalan tangan, tetapi jantung merupakan bagian tubuh yang paling aktif dan tidak pernah berhenti bekerja sekalipun kita tertidur. Kalau jantung berhenti berdenyut, berakhirlah hidup kita. Jantung sebenarnya adalah kantung berdenyut yang terbuat dari otot yang sangat kuat, yang disebut otot jantung atau miokardia. Otot-otot ini tidak pernah lelah dan berkontraksi setiap detik sekali atau lebih sering, selama kita hidup. Kontraksi atau denyut jantung tersebut menekan darah dalam jantung untuk keluar memasuki arteri. Ketika mengendur, jantung terisi lagi dengan darah dari vena.

Jantung ternyata bukan hanya terdiri dari satu pompa, melainkan dua pompa yang berdampingan. Pompa sebelah kiri mengeluarkan darah ke seluruh tubuh dan membawa oksigen serta sari-sari makanan untuk disebarkan ke seluruh sel kita. Setelah sampai di bagian tubuh kita paling ujung, darah kembali ke pompa sebelah kanan dan di kirim ke paru-paru untuk mengumpulkan oksigen yang lebih banyak. Kemudian, darah kembali ke pompa sebelah kiri dan di pompa keluar dari jantung. Demikianlah proses ini terus berulang. Dalam satu hari, jantung memompa darah sebanyak 15.000 liter.

Jantung kita berdenyut dengan kecepatan yang berbeda-beda, tergantung apa yang sedang dilakukan tubuh. Ketika sedang aktif, otot-otot membutuhkan energi dan oksigen yang lebih banyak. Sebab itu, jantung berdenyut lebih cepat, 120 kali atau lebih setiap menit. Ketika sedang berisitirahat, jantung kembali melambat dan berdenyut 60 sampai 80 kali per menit. Pada saat seseorang ketakutan atau stres, jantung berdenyut lebih cepat dari biasanya. Rata-rata sepanjang hidupnya, jantung manusia berdetak sebanyak 3 milyar kali tanpa berhenti. Mesin manakah yang lebih canggih daripada jantung manusia?

Kita sudah menerima anugrah Yang Maha Kuasa yang luar biasa, sekarang, tugas kita adalah merawatnya dengan baik agar jantung bisa berfungsi dengan baik dan normal selama mungkin. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk merawat jantung dan organ tubuh lainnya. Pertama, makan makanan yang lengkap gizinya, yaitu “empat sehat lima sempurna”. Kalau dari makanan sehari-hari tidak cukup, kita perlu mengonsumsi suplemen. Kedua, lakukan olahraga yang teratur dan terukur. Olahraga membuat peredaran lancar, memperbesar volume paru-paru, membentuk otot dan tulang serta mengurangi stres. Ketiga, rekreasi. Ada waktu untuk bekerja, ada waktu untuk santai dan berisitirahat. Rekreasi akan membantu kita mengurangi kejenuhan, mengendorkan tensi, dan mengembalikan semangat kerja. Keempat, istirahat yang cukup. Seperti mesin apapun, tubuh kita juga perlu istirahat dan diservis.

4 Tanggapan

  1. Mau berbagi Info nih…..

    Kenapa dalam satu keluarga yang pola hidup, pola makan dan lingkungannya sama, namun bisa ada yang mudah sakit sementara yang lain tidak? Ada yang mudah kena penyakit seperti flu atau demam dan cepat sembuh, tapi ada pula yang lama sembuhnya.

    Apakah penyebabnya ?….

    Kesehatan kita dipengaruhi langsung oleh sistem imun. Sistem imun adalah sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit yang terdiri lebih dari triliyunan sel-sel NK ( Natural Killer), yang jumlah berat totalnya kira-kira 1 kg
    (2,2 pons).

    Apa Itu sel NK ?…

    Sel NK (Natural Killer) adalah sel imun yang bertanggung jawab mencari dan memusnahkan sel-sel “jahat” asing yang tidak dikenali oleh tubuh, termasuk sel kanker dan sel yang terinfeksi serangan virus, bakteri, dll. Jika seseorang memiliki aktivitas sel NK kurang dari 20% maka akan beresiko mudah terserang penyakit atau kurang kekebalan tubuh dalam upaya sembuh dari penyakit.

    Dari penelitian, Transfer Factor [ TF ] yang diekstrak dari kolostrum dengan teknologi Nano Factor mampu meningkatkan aktivitas sel NK sebanyak 103%. dan campuran TF dengan bahan-bahan alami lain yang berada pada 6 tingkat pertama daftar bahan awal induk mampu meningkatkan sel-sel NK menjadi 283%-437%. Perlu diingat, TF sendiri bukan obat, namun TF akan melatih / mendidik dan merangsang sistem kekebalan tubuh seseorang untuk melawan dan mengatasi penyakit tersebut.

    Blog : http://4lifetransferfactorindonesia.wordpress.com

    Ryan & Kenny
    0818.07183888

  2. Setiap saya membaca tulisan yang menyangkut jantung, ada ketakutan yang selalu mengikutinya, kenapa tidak, sakit jantung akan tetap menjadi pembunuh no 1 di dunia ini,setelah kecelakaan lalu lintas, tapi setelah membaca tulisan ini , justru ketakutan itu berganti menjadi rasa syukur betapa kuasanya Tuhan mencipta Jantung dan merasa belum terlambat untuk saya merawatnya sebagai wujud rasa syukur …tidak kutaumi berapa kalimaka janji tdak merokok sama orang, seperti saat ini,janjika lagi tidak mau MEROKOK, semoga janji kali ini berjodohka sehingga bisa kujalani….

  3. Maka dari Membaca Artikel ini, Saya dan Kita Semua Harus Benar2 Menjaga Kesehatan dan Fungsi dari Kerjanya Jantung Itu Sendiri… Karena Tanpa Jantung, kita tidak akan bisa Menikmati Indahnya Dunia Ini… SEHAT ITU NO.1 LEBIH BERHARGA DARIPADA UANG…!!!!

  4. Oke…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: