Tips mencari info kesehatan secara online

Di zaman serba digital ini internet memang telah menjadi sumber informasi gratis bagi masyarakat, sayangnya, tidak semua website bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya. Bagaimana bila Anda ingin mencari info tentang kesehatan, mengingat ada lebih dari jutaan situs di internet yang membahas isu seputar kesehatan hingga penyakit?
Simak tips berikut agar Anda tidak tersesat di dunia maya:

1. Sortir pencarian
Bila Anda memasukkan kata “kanker paru” (lung cancer) di google, Anda akan menemukan lebih dari 20 juta laman yang membahas penyakit tersebut. Tentu Anda tak akan membaca sekian juta laman itu.
Untuk meringkasnya, gunakan fasilitas “advance search” (terdapat di samping tombol search) di google. Hasil yang muncul dari pencarian ini hanya yang sesuai dengan apa yang kita mau, tidak termasuk iklan atau pengobatan alternatif. Sehingga jumlah halaman yang muncul pun tidak terlalu banyak.

2. Pilih yang kredibel
Agar informasi yang didapat akurat, pilih situs milik pemerintah ( berdomain .gov) atau badan pendidikan (berdomain .edu). “Ini untuk memastikan info yang didapat bukan bersumber dari makalah mahasiswa,” kata John D. Halamka, Chief Information Officer dari Harvard Medical School. Situs yang terpercaya akan memberikan detil informasi siapa penulis di situs tersebut, apakah dokter atau profesional di bidang kesehatan.

Blog kesehatan, yang bisa ditulis oleh siapa saja, sebaiknya tidak dijadikan panduan. Karena itu cek semua yang Anda baca dalam sebuah blog dengan sumber lainnya. Selain itu, perhatikan pula objektivitas dari informasi yang disajikan dalam sebuah situs, misalnya bila beberapa kali menyebut nama merek obat atau perusahaan farmasi. Info yang disampaikan mungkin saja akurat tapi lebih bijaksana bila Anda mencari sumber lain.

3. Akreditasi
Situs kesehatan yang terpercaya biasanya telah mendapat akreditasi dari Health Foundation atau URAC, organisasi non profit yang memberlakukan standar kualitas dari sebuah situs kesehatan. Meski tidak akurat 100 persen, namun paling tidak informasi yang disampaikan dalam situs-situs terakreditasi ini bisa diandalkan.

4. Cari opini kedua
Meski Anda telah mendapat jawaban dari pertanyaan yang dicari, jangan lupa untuk tetap berkonsultasi dengan dokter. “Riwayat kesehatan, keluarga, serta obat-obatan yang sedang dikonsumsi dan ada tidaknya alergi, turut berperan dalam penegakan diagnosis dan cara pengobatan,” kata Rick Kellerman, presiden American Academy of Family Physicians.

Cek situs-situs berikut untuk mendapatkan informasi kesehatan yang bisa dipercaya.
http://www.familydoctor.org
http://www.webmd.com
http://www.kidshealth.org
http://www.solusisehat.net
http://www.lucianasutanto.com
http://www.depkes.go.id
http://www.iwandarmansjah.web.id(tribun)

Satu Tanggapan

  1. trims…pak anto, info yang satu ini menolong banget, bisa langsung aplikasi… he he he

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: