Pembangunan RS Sayang Rakyat Sulsel di Kunjungi Wapres

Hari Minggu, 1 Maret 2009, Wakil Presiden HM Jusuf Kalla berkunjung ke lokasi 1235953538hlllpembangunan Rumah Sakit (RS) Sayang Rakyat di Kelurahan Bulurokeng, Biringkanaya. Pada kunjungan kerja tersebut, didampingi istrinya, Ny Mufidah Kalla, Wagub Agus Arifin Nu’mang, Walikota A Herry Iskandar termasuk Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan dr. H. Rachmat Latif, Sp.PD, M.Kes.

Pembangunan Rumah Sakit Sayang Rakyat beriringan dengan program Gubernur Sulawesi Selatan tentang pelayanan kesehatan gratis. RS tersebut berlokasi di eks SGPLB Kelurahan Bulurokeng Kec. Biringkanaya Kota Makassar, luas tanah 5 Ha dengan kapasitas 1.000 tempat tidur.

Dalam kesempatan itu, wapres menyerahkan bantuan secara simbolis berupa 500 tempat tidur lipat. Bantuan itu didistribusikan melalui Dirjen Pelayanan Medik Depkes. Untuk sementara, sambil menunggu penyelesaian RS tersebut maka tempat tidur yang diserahkan oleh Wakil Presiden ditampung di Aula Dinkes Prov. Sulsel.

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, dr Rachmat Latief saat mempresentasikan rencana pembangunan RS Sayang Rakyat di hadapan wapres dan rombongan menjelaskan, rumah sakit berkapasitas 1.000 tempat tidur tersebut, akan dibangun dalam dua tahap.

Tahap pertama berupa pembangunan fungsi rumah sakit berkapasitas 500 tempat tidur yang diproyeksikan rampung tahun ini.Tahap ini meliputi penyusunan amdal, rehabilitasi gedung SGPLB menjadi gedung poliklinik, kantor RS, apotek, ruang radiologi, ruang laboratorium, ICU, nifas, serta ruang perawatan. Anggarannya dari APBD Provinsi Sulsel 2009 sebesar Rp 9 miliar, dan APBN 2009 sebesar Rp 18 miliar.

Tahap kedua. Penambahan 500 tempat tidur sisanya, akan diadakan pada pembangunan tahap kedua, tahun 2010. Pada tahapan ini, total anggaran yang dialokasikan mencapai Rp 51 miliar yang sumbernya sharing APBD dan APBN.

Tenaga medis yang akan digunakan, kata Kepala Dinkes Prov Sulsel, akan disesuaikan dengan standar rasio tenaga medis, yakni setiap sembilan tempat tidur akan dilayani seorang dokter. Berdasarkan rasio tersebut, maka tenaga dokter yang akan dipekerjakan di RS Sayang Rakyat sebanyak 111 orang.

Pengadaan dokter ini, lanjut Kadinkes, berasal dari kerja sama institusi pendidikan, pengangkatan tenaga PNS baru, tenaga kontrak, sukarela, serta mutasi tenaga kesehatan.

Wapres sangat merespons keberadaan RS Sayang Rakyat tersebut. Menurutnya, kesejahteraan rakyat bisa dicapai dengan kecerdasan dan kesehatan. Dua hal ini, kata wapres, sangat penting.

Tapi, imbuhnya, yang terpenting atau titik fokus sesungguhnya bukan di rumah sakit, melainkan pada kebersihan lingkungan. “Walikota kurang berhasil kalau rumah sakitnya penuh dengan pasien. Itu berarti kesehatan lingkungannya kurang beres,” kata Wapres.

21 Tanggapan

  1. kpan pendaftaran perawatx…….tlong infix…

  2. tolong infox yah pak……..

  3. kapan pendaftaran perawatnya untuk S1dan dimana?\
    tolong infonya yah…….

  4. kapan pendaftaran S1keperawatan nya dimana?
    tolong di balas segera!!!!!!

  5. msh bisa g mendaftar?
    berkas2 apa sja y dibutuhkan?

  6. Yang merekrut tenaga adalah BKD Prov. Sulsel… silahka cari informasi di sana…

  7. kapan ya pak pendaftaran untuk tenaga gizi yang magang dulu pak,..atau bisa langsung terangkat Y ? Gmn prosedurnya pak

  8. Kapan pendaftaran tenaga kontrak U/ S1 & DIII Farmasi???

  9. @ yng bertanyak soal pendaftaran pegawai :
    Pejabatnya beum dilantik, jadi belum ada penerimaan tenaga, krn kemungkinan beberapa tenaga PNS kesehatan akan di mutasi ke sana….

  10. kapan pendaftaran Kebidanan D-III?tolong info secepatnya

  11. Jadwalnya belum tahu persis, tapi jika mau tahu silahkan ke BKD, krn penerimaan CPNS dilaksanakan oleh BKD Prov Sulsel

  12. jadi pendaftarannya dilihat di BKD

  13. BKD yang melaksanakan perekrutan, makanya rajin mengikuti berita atau bertanya ke BKD, krn kemungkinan waktu dekat akan dilaksanakan perekrutan…

  14. kapan penerimaan tenaga kerja S1 kesehatan masyarakat di rumah sakit sayang rakyat makassar??????????tolong infokan secepatx!!!!!!!!!!

  15. Cari informasi ke BKD Prov. Sulsel…

  16. kapan pendaftaran calaon pegawai honorer atau kontrak,serta calon pns di Rumah sakit sayang rakyat ? kalo bisa dibuat dalam bentuk daftar grafik ?.memang sih yang menentukan BKD pemprov tapi info cepat kan lebbih bagus !!!! heheheh !!!!!!

  17. kalo rs sayang rakyat yang menentukan jumlah honorer,kontrak dan pns ditentukan oleh pemprov berarti penerimaan tahun ini hanya membtuhkan 140 orang ????? tolong diinfokan ke fajar TV ato nedia lain mengenai p-ersyaratan yang dibutuhkan oleh pihak rumah sakit ???/

  18. Apa RS Sayang Rakyat nantinya punya fasilitas Hemodialisa?

  19. assalamualaikum.
    apakah masi menerima tenaga ahli gizi s1? tolong blsnya mlalui e-mail. trmksi

  20. assalamu alaikum
    Apa masih menerima Bidan sm perawat?

  21. Assalamu alaikum…
    Apa msh menerima Bidan sm Perawat?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: