Cegah penyebaran “flu babi”

Walaupun wawancara Menkes RI Siti Fadilah Supari di TV pada malam Rabu, 28 April 2009 mengatakan bahwa kemungkinan virus H1N1 tidak akan mampu hidup di daerah tropis seperti Indonesia, sedangkan H1N1 biasanya hidup di daerah empat musim (kecuali pada saat musim semi dan panas). Namun demikian, tetap diupayakan pencegahan penyebaran virus H1N1 (flu babi).

Tujuh langkah pencegahan penyebaran virus H1N1 yang diutarakan oleh ibu Menkes RI, antara lain :

  1. Pasang thermal scanner (alat pendeteksi suhu tubuh) di terminal kedatangan bandara internasional, 
  2. Mengaktifkan kembali sekitar 80 sentinel untuk surveillance ILI dan Pneumonia baik dalam bentuk klinik atau virologi.
  3. Menyiapkan obat-obatan yang berhubungan dengan penaggulangan flu babi yang pada dasarnya adalah Oseltamivir yang sama untuk H5N1 (virus Flu Burung)
  4. Menyiapkan 100 rumah sakit rujukan yang sudah ada dengan kemampuan menangani kasus Flu Babi
  5. Menyiapkan kemampuan laboratorium untuk pemeriksaan H1N1 (virus Flu Babi) di berbagai Laboratorium Flu Burung yang sudah ada,
  6. Menyebarluaskan informasi ke masyarkat luas dan menyiagakan kesehatan melalui desa siaga
  7. Simulasi penanggulangan Pandemi Influenza yang baru dilakukan minggu lalu di Makasar juga merupakan upaya nyata persiapan pemerintah dalam menghadapi berbagai kemungkinan Kejadian Luar Biasa (KLB) atau Public health Emergency Internasional Concern (PHEIC) seperti Flu Babi.

Selain tujuh langkah yang di atas, masyarakat juga perlu waspada terhadap kejadian/ kondisi lingkungan, misalnya perketat pemeriksaan rumah potong hewan, hindari makan daging babi setengah matang, antisipasi flu babi dengan rutin menemprot insectisida pada kandang ternak babi, dan yang terakhir, jika demam tinggi (di atas 37 derajat celcius) segera periksa ke dokter……….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: