PEMUTAKHIRAN DATA PROFIL KESEHATAN TINGKAT NASIONAL TAHUN 2009

Sebuah Pemikiran Untuk Pengembangan Sistem Informasi Cepat

Dilatar belakangi oleh kinerja sistem informasi kesehatan yang dinilai kurang cepat dalam menyediakan data dan informasi yang dibutuhkan pimpinan sampai kepada keakuratan data yang dipertanyakan. Meningkatnya komitmen pimpinan terhadap pentingnya data dan informasi diharapkan adanya suatu sistem yang dapat memberikan informasi cepat yang dibutuhkan tentunya mengenai masalah kesehatan.

Sistem informasi cepat adalah pengumpulan, pengiriman dan pengolahan informasi secara cepat sehingga sistem tersebut mampu meningkatkan kinerja pelayanan data dan informasi sesuai yang dibutuhkan pimpinan. Tujuan sistem informasi cepat ini adalah untuk meningkatkan kecepatan pengumpulan, pengiriman dan pengolahan data dan informasi yang keakuratannya terjamin dan sesuai dengan kebutuhan.

Keberadaan sistem informasi cepat ini kedepan diharapkan dapat menjawab kebutuhan data bagi pimpinan disetiap tingkat administrasi terutama dapat menjawab pertanyaan presiden tentang keadaan kesehatan secara nasional mapun propinsi dan kabupaten/kota. Sistem informasi cepat ini berisikan kumpulan data yang bereferensi geografis, kumpulan data tersebut umumnya terdiri dari beraneka macam data, seperti indikator SPM, data sarana, tenaga, penyakit dan lain-lain. Memungkinkan terdapat hubungan antara satu data dengan data yang lain baik secara numeris maupun logis yang sangat dibutuhkan untuk pengolahan data atau analaisis lebih lanjut utnuk keperluan tertentu.

Informasi  cepat yang dihasilkan diperkirakan berbentuk analisis dalam bentuk data tekstual dan grafik (bar, chat, diagram) yang dapat menginformasikan keadaan yang sebenarnya dengan cepat. Salah satu cara yang sudah banyak dikembangkan adalah dengan sistem sms yang dapat menghasilkan data dengan cepat, tetapi dengan kelemahan hanya dapat menginformasikan data dalam jumlah terbatas. Sistem pelaporan berbasis sms dapat memperbaiki mutu dan kualitas laporan, ketepatan waktu, kelengkapan laporan dan efisiensi biaya. Demikian juga keamanan data terjamin dan sistem pelaporan berbasis SMS dapat memberikan kemudahan bagi pengguna di Puskesmas dan dinas kesehatan kabupaten/kota untuk action plant.

Pemikiran yang diharapkan dalam pengembangan sistem informasi cepat ini adalah sebagai berikut : 1. Memperhatikan kelayakan kondisi daerah yang bersangkutan dan kemungkinan untuk dilaksanakan di daerah dengan infrastruktur yang masih lemah. 2.Kemungkinan pelaksanaannya dengan mempertimbangkan prosedur dan alur data dari sumber datanya sampai kepada operator data serta kewenangan atasan dalam hal ini Kepala dinas kesehatan propinsi dan kab/kota. 3. Kondisi sumber daya manusia, dilihat dari pelatihan, insentif, status SDM dan lain-lain. 4. Jenis data dan frekuansi/periode laporan (harian,mingguan,bulanan,triwulanan, enambulanan. 5. Sarana dan prasarana dengan pertimbangan  apabila dikirim dengan jaringan internet menunggu Siknas Online beroperasi kembali atau lebih baik dengan internet  dengan pertimbangan keamanan data. 6. Bila SMS, system harus mempertimbangkan adanya center data SMS (9611 digunakan lagi) dan harus dapat digunakan dengan jenis hand phone yang paling kuno.

Semoga saja rencana dan program – program ini menjadi solusi membaiknya kinerja sistem informasi kesehatan dimasa mendatang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: