Efek buruk “internet” pada sebagian pekerja kantoran

Zaman yang serba canggih ini siapa sih yang gak tahu internet? Berbagai kemudahan untuk menjamah dunia internetpun ditawarkan mulai dari warnet, wifi gratisan, operator internet murah, pasang speedy di kantor/ di rumah dan lainnya.
Internet adalah perpustakaan tanpa batas yang memberi kemudahan bagi kita untuk mencari berbagai informasi dan pengetahuan yang belum kita ketahui. Inilah sebabnya banyak orang tua yang memberi dukungan kepada anak-anak mereka untuk mencari pegetahuan dan berbagai informasi di internet.
Internet juga di anggap sebagai lahan emas oleh sebagian besar para profesional. Sudah menjadi rahasia umum banyak yang sukses dari internet. Banyak yg dapat job, ilmu, bahkan pacar dan lainnya.

Akan tetapi berbagai kemudahan dan kecanggihan dunia internet itu juga bisa berdampak buruk bagi masyarakat kita terutama bagi para pekerja kantoran yang ruangannya terpisah dengan ruangan atasannya. Berbekal kecanggihan perangkat yang mereka miliki, sebagian pekerja kantoran malah menghabiskan waktunya untuk mengakses internet. Dan yang lebih parah lagi sampai-sampai ada yang tidak dapat membedakan antara kehidupan nyata dan alam maya. Bayangin aja… start chatting dari pagi setelah apel pagi sampai pada apel sore jam 16.00. (Semoga tdk terjadi pada anda).

Biasanya, pekerja kantoran yang masa bodoh, hanya menghabiskan waktunya di kantornya untuk chating dan bermain game online. Hampir bisa dipastikan mereka akan lebih cepat terpengaruh dampak buruk dari kecanggihan dunia internet. Perhatiin gak kalau orang yang kecanduan game online atau chating itu sama parahnya dengan orang yang kecanduan ganja?
Ciri-ciri orang yang kecanduan internet sama orang yang kecanduan ganjapun sama. Hampir bisa di pastikan tak ada perbedaan. Malahan orang yang kecanduan ganja bisa gemuk, he…he…he…

Berikut ini beberapa contoh persamaan antara kecanduan ganja dan kecanduan internet;

Internet: Selalu ingin sendiri menghabiskan waktunya bersama teman maya
Ganja: Selalu ingin sendiri menghabiskan waktu melamun

Internet: Linglung dan tidak konsen terhadap pekerjaan,  yang ada di otak cuma online melulu.
Ganja: Linglung dan tidak konsen terhadap pekerjaan karena syaraf otak rusak

Internet: Suka menghayal beranggapan dunia maya adalah dunia nyata
Ganja: Suka menghayal beranggapan dunianya paling indah

Internet: mata merah dan lelah karena radiasi monitor
Ganja: mata merah dan lelah karena radiasi asap

Internet: Suka menjauh dari keramaian teman-teman dan berasa teman-teman maya lebih baik
Ganja: Suka menjauh dari keramaian karena melihat teman seperti melihat polisi

Internet: uang saku berkurang habis buat beli voucer/warnet

Ganja : Uang saku berkurang habis beli ganja dan tambul

Sebenarnya hal ini tidak perlu terjadi seandainya orang yang bersangkutan cepat menyadarinya. Salah satu cara untuk menghindari pengaruh buruk terhadap kecanduan chating atau bermain game online adalah dengan bersosialisasi dan membuat scedule.
Ya… menurut hemat saya hanya dengan bersosialisasi dan membuat scedule, maka pikiran kita tidak akan terbawa ke alam maya terus-terusan. Ikutilah scedule anda, dengan scedule internet seperlunya, jangan terus2an dong. Dengan demikian, kerjaan kantoran selesai, internetan juga terjadwal.

Satu Tanggapan

  1. jangan deh kalo sampe internet mengganggu kerja kantor, kan kerja juga digaji.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: