KEPEDULIAN ITU BERNAMA “ RUMAH SAKIT SAYANG RAKYAT”

Rumah Sakit adalah sebuah institusi perawatan kesehatan profesional yang pelayanannya disediakan oleh dokter, perawat, dan tenaga ahli kesehatan. Perbandingan antara jumlah ranjang rumah sakit dengan jumlah penduduk Indonesia masih sangat rendah. Untuk 10 ribu penduduk saja,  cuma tersedia 6 ranjang rumah sakit. Selama Abad pertengahan, rumah sakit juga melayani banyak fungsi di luar rumah sakit yang kita kenal di zaman sekarang, misalnya sebagai penampungan orang miskin atau persinggahan musafir. Istilah hospital (rumah sakit) berasal dari kata Latin, hospes (tuan rumah), yang juga menjadi akar kata hotel dan hospitality (keramahan).

Sejatinya bahwa pelaksanaan program pelayanan kesehatan kepada masyarakat miskin di rumah sakit bertujuan untuk meningkatkan  akses dan mutu pelayanan kesehatan kepada seluruh  masyarakat miskin dan tidak mampu agar tercapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal secara efektif dan efisien. Landasan hukum yang mengatur hal tersebut adalah  UUD 1945 (amandemen): Pasal 34 angka (1) menyatakan bahwa “Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh Negara”.Pasal 34 angka (3) menyatakan bahwa “Negara bertanggungjawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas pelayanan umum yang layak” .

Secara umum penyelenggaraan pelayanan kesehatan dapat dibedakan menjadi  sembilan syarat penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang baik, yakni tersedia (available), menyeluruh (comprehensive), berkesinambungan (countinues), terpadu (integrated), wajar (appropiate), dapat diterima (acceptable), bermutu (quality), tercapai (accessible)serta terjangkau (affordable).(Depkes 2004).

Upaya ini mengalami banyak hambatan karena berbagai faktor seperti sulitnya akses terhadap pelayanan kesehatan yang disebabkan oleh kesulitan biaya, transportasi, belum meratanya sarana pelayanan kesehatan pengetahuan kesehatan yang rendah dan hambatan sosial budaya disamping masih rendahnya pendidikan. Kematian bayi, balita dan ibu melahirkan yang tinggi diderita oleh masyarakat miskin. Krisis ekonomi menyebabkan jumlah penduduk miskin meningkat dengan tajam. Jumlah penduduk miskin tahun 2004 menurut Badan Pusat Statistik lebih dari 36 juta, sedangkan menurut data BKKBN (prasejahtera dan sejahtera satu alasan ekonomi) sekitar 60 juta jiwa atau 15 juta KK. Sementara di tahun 2008 jumlah itu bertambah dua kali lipat menjadi 76,4 juta jiwa. Disamping itu biaya kesehatan yang senantiasa meningkat tajam dan tidak terkendali., berdampak pada penurunan mutu dan akses terhadap pelayanan kesehatan.

Salah satu bentuk perwujudan amanat Undang-undang Dasar yang harus dilaksanakan adalah kepedulian terhadap pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan, utamanya pelayanan kesehatan masyarakat miskin. Untuk itu pemerintah berupaya untuk mewujudkan rasa keadilan di bidang kesehatan dengan mengupayakan agar setiap penduduk terlayani kebutuhan kesehatannya tanpa membedakan status sosial, walayah, geographis, suku, agama, bahkan kewarganegaraannya. Setiap masyarakat miskin mempunyai hak mendapat pelayanan kesehatan rawat jalan, UGD dan rawat inap di kelas III RS. Setiap masyarakat miskin dapat dirujuk ke sarana pelayanan kesehatan yang lebih tinggi  disertai surat rujukan dan identitas miskin.

“ Rumah Sakit Sayang Rakyat” menjadi jawaban yang sangat realistis dari pemerintah propinsi Sulawesi Selatan untuk mewujudkan KEPEDULIAN itu. Kepedulian dan keberpihakan kepada masyarakat miskin yang selama ini menjadi bahan jualan para elit untuk bertahta di Republik ini. Begitu peka dan besarnya makna SEHAT bagi rakyat karena dapat menyentuh nurani yang paling dalam. Rasa terima kasih dan rasa syukur yang teramat besar karena dapat bekerja lagi untuk menghidupi keluarganya dan puncaknya adalah ketika nikmat sehat itu mereka peroleh tampa mengeluarkan uang sepersenpun alias gratis.

Rumah sakit ini berdiri diatas lahan yang dulunya merupakan bangunan sekolah luar biasa yang ada di Bulurokeng, kecamatan Biringkanaya. Dengan fasilitas 167 kamar dan 1000 tempat tidur, bisa jadi rumah sakit ini menjadi rumah sakit pertama di Indonesia yang cukup besar dan megah yang berlabel GRATIS ” dan benar saja ungkapan Bapak Gubernur Sulawesi Selatan untuk  menjadikan Sulawesi Selatan yang terkemuka di republik ini dalam hal pelayanan kesehatan terhadap Rakyatnya “.

6 Tanggapan

  1. kapan penerimaan cpns baru di rumah sakit sayang rakyat… dan persyaratan apa-apa saja yang di perlukan di rumah sakit sayang rakyat ???

    terima kasih sebelumnya atas informasinya….

  2. Kapan Penerimaan Pegawai di Rumah Sakit Sayang Rakyat?
    Apa Persyaratan yang dimasukkan, dan bagaimana alur pendaftarannya?

    Terimah Kasih…….

  3. info yang sangat bagus untuk pertumbuhan kota makassar.., minta tolong banget info pendaftaran di rumah sakit sayang rakyat ya…thanks sebelumnya

  4. Tolong infonya. kapan penerimaan cpns baru di rumah sakit sayang rakyat u/ lulusan SKM… dan persyaratan apa-apa saja yang di perlukan di rumah sakit sayang rakyat ?!
    tank’s sebelumnya atas informanya….

  5. kapan penerimaan cpns? kalau boleh tau… ada tidak penerimaan khusus spk?
    terima kasih….

  6. tolong infokan penerimaan cpns rumah sakit sayang rakyat
    (tiada hal yang paling baik selain membantu sesama)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: