Review Kejadian KLB menurut Jenis, Tempat & Waktunya di Sulsel Tahun 2008

Kejadian Luar Biasa (KLB) adalah timbulnya atau meningkatnya kejadian kesakitan dan atau kematian yang bermakna secara epidemiologis pada suatu daerah dalam kurun waktu tertentu, dan merupakan keadaan yang dapat menjurus pada terjadinya wabah. Cakupan desa/ kelurahan mengalami KLB yang dilakukan penyelidikan KLB <24 jam adalah desa/kelurahan yang mengalami KLB dan dilakukan penyelidikan <24 jam oleh kabupaten/ kota terhadap KLB pada periode/kurun waktu tertentu.

New PicturePersentase desa/kelurahan terkena Kejadian Luar Biasa (KLB) yang ditangani <24 jam di Sulsel pada tahun 2008 sebesar 71,75%, artinya tersisa 28,257% kasus KLB yang belum tertangani <24 jam. Kabupaten/ kota yang memiliki kasus KLB tetapi tidak menangani 100% <24 jam adalah Kab. Barru (71,43%), Luwu (45,45%) dan Pinrang (33,33%).

Jika ditinjau dari segi jenis penyakit KLB di Sulawesi Selatan pada tahun 2008, maka 4 kejadian KLB terbesar yaitu Diare (342), Gizi buruk (94), AFP (39) dan DBD (30). Kematian akibat kejadian KLB tersebut dapat diurutkan dari 4 terbesar, yaitu Diare (13), gizi buruk (10), rabies (8), dan DBD (4).

KLB kabNamun jika kasus dan kematian akibat KLB dilihat dari tempat kejadiaannya, maka kasus KLB di Sulawesi Selatan paling besar kejadiannya di Kab. Bone (154 kejadian), menyusul 3 kab./kota terbesar berikutnya yaitu Kab. Pangkep (79), Takalar (61) dan Tator (41). Sedangkan kematian terbesar akibat kejadian KLB tersebut yaitu di Kab. Pangkep (8 kematian), menyusul 3 kab./kota dengan kematian terbesar berikutnya antara lain Bone (6), Luwu (4), dan Pinrang (4).

KLB bulanKejadian KLB di Sulawesi Selatan tahun 2008 jika ditinjau dari segi waktu kejadiannya, maka 4 bulan kejadian KLB terbesar terjadi pada bulan September (88 kejadian), Desember (77 kejadian), Maret (71 kejadian) dan Februari (53 kejadian). Sedangkan kematian akibat kejadian KLB terbanyak pada bulan Maret (12 kematian) dan Desember (8 kematian).

Satu Tanggapan

  1. tolonglah mereka yg terkena KLB?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: