Rasio Sarana Kesehatan terhadap 100.000 Penduduk di Sulsel

gbr puskKomponen lain pada sumber daya kesehatan yang paling penting adalah ketersedian sarana kesehatan yang cukup secara jumlah/kuantitas dan kualitas bangunan yang menggambarkan unit sarana pelayanan kesehatan yang bermutu baik bangunan utama, pendukung dan sanitasi kesehatan lingkungan. Unit pelayanan kesehatan dibagi atas beberapa kategori yaitu Puskesmas Pembantu (Pustu), Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Rumah Sakit Umum dan unit pelayanan tehnis kesehatan lainnya. Selain fasilitas pelayanan kesehatan tersebut juga dibangun dan dikembangkan fasilitas pelayanan berbasis masyarakat antara lain Pondok Bersalin Desa (Polindes).

  1. Puskesmas

Di Sulawesi Selatan pada tahun 2008, jumlah puskesmas tercatat sebanyak 395 unit dengan 1.286 puskesmas pembantu. Adapun rasio puskesmas per 100.000 penduduk sebesar 5,01 artinya rata-rata Puskesmas di Sulawesi Selatan melayani 20.000 penduduk sedangkan rasio Pustu terhadap Puskesmas yakni 3:1, artinya setiap 1 Puskesmas terdiri dari 3 Pustu.

Jumlah Puskesmas, Pustu dan Poskesdes berdasarkan Kab/Kota di Sulsel Tahun 2008

Pusk

Bila dibandingkan dengan konsep wilayah kerja puskesmas, dimana sasaran penduduk yang dilayani oleh sebuah puskesmas rata-rata 30.000 penduduk, maka jumlah puskesmas per 30.000 penduduk di Sulawesi Selatan pada tahun 2008 rata-rata adalah 1,5. Ini berarti bahwa 30.000 orang rata-rata dilayani 1,5 puskesmas. Hal ini diharapkan puskesmas sudah dapat menjangkau penduduk sasaran di wilayah kerjanya.

Gambaran rasio puskesmas per 30.000 penduduk menurut kabupaten/kota dapat dilihat pada pada gambar berikut.

Rasio Pusk

Gbr. Rasio Puskesmas per 30.000 penduduk berdasarkan kab/Kota di Sulsel 2008

Gambar 6 menunjukkan bahwa rata-rata 30.000 penduduk di Sulawesi Selatan dilayani satu puskesmas, terkecuali di Kota Makassar hanya 0,88. Hal itu berarti bahwa di Kota Makassar masih butuh 5 (lima) puskesmas. Namun kondisi tersebut tidak menjadi masalah karena masih bisa di antisipasi dengan adanya fasilitas pelayanan swasta baik rumah sakit dan klinik ataupun balai pengobatan.

  1. 2. Rumah Sakit

Pada tahun 2007 dan 2008, perkembangan jumlah rumah sakit (umum dan khusus) di Sulawesi Selatan cenderung relatif stabil. Adapun perkembangan jumlah rumah sakit (umum dan khusus) tersebut dapat dilihat pada tabel 3 berikut.

Jumlah Rumah Sakit menurut Jenis dan Status Kepemilikannyadi Sulsel Tahun 2007 dan 2008

RS

Selain jumlah rumah sakit, untuk menggambarkan ketersediaan dan cakupan ketersediaan sarana pelayanan kesehatan bagi masyarakat perlu pula disajikan data jumlah tempat tidur rumah sakit dan rasio tempat tidur rumah sakit per 100.000 penduduk. Untuk tahun 2008, jumlah tempat tidur dan rasionya terhadap 100.000 penduduk tercatat sebanyak 4.038 tempat tidur dengan rasio sebesar 51 per 100.000 penduduk atau rata-rata setiap tempat tidur rumah sakit melayani 5.100 penduduk dalam setahun.

5 Tanggapan

  1. Rumah sakit type apa yg paling banyak di wilayah anda.
    Rumah sakit type B ada berapa jumlahnya dan bagaimana rasio rs type B tsb thd jmlh penduduk di wilayah anda tsb.
    Terima Kasih

    Salam

  2. Type RS terbanyak di Sulsel adalah type C, sedangkan RS dengan type B baru 7 RS. Jumlah penduduk Sulsel tahun 2008 (BPS) sebanyak 7.771.671 jiwa.

  3. TERIMAKASIH TAS INFORMASI DAN TULISANNYA, CUKUP BERMANFAAT BUAT BACAAN. KUNJUNGI JUGA SEMUA TENTANG PAKPAK DAN UPDATE BERITA-BERITA PAKPAK BHARAT DI GETA_PAKPAK.COM http://boeangsaoet.wordpress.com

  4. Apakah data standar rasio dari kementrian kesehatan mengenai jumlah penduduk berbanding jumlah tempat tidur ?

    Salam
    http://www.madecerik.net

  5. maf sebelumnya tolong tampilkan data penderita asma di SULSEL karna data ini sangat di butuhkan ….. makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: