Satu anak penderita lumpuh layuh meninggal di Sulsel pada bulan Desember 2009

AFP (lumpuh layuh mendadak) yaitu gejala lumpuh yang terjadi secara cepat dengan sifat kelumpuhannya adalah lemas (layuh/ paralitik) yang tidak disebabkan oleh ruda paksa. Sifat akut diartikan dengan lama waktu mulai sakit demam, pilek sampai dengan lumpuh berlangsung cepat berkisar antara 1-14 hari. Penemuan kasus lumpuh layuh
mendadak pada anak usia <15 tahun ditujukan untuk membuktikan ada atau tidaknya virus polio liar di Indonesia.

Apabila kasus AFP ditemukan lebih 2 setiap 100.000 penduduk usia < 15 tahun berati kalau ada kasus polio pasti juga ditemukan. Tetapi kalau kurang dari 2/100.000, dikahawatirkan adanya polio yang lolos dari pemantauan kita.

Kasus AFP yang dilaporkan di Sulawesi Selatan pada tahun 2008 sebanyak 26 kasus yang antara lain ditemukan di Kota Palopo (6 kasus), Kab. Gowa (5 kasus), Barru dan Bone (3 kasus), Bulukumba dan Wajo masing-masing (2 kasus), Takalar, Maros, Enrekang, Luwu Utara dan Parepare masing-masing (1 kasus).

Sedangkan pada buan Desember 2009, oleh Seksi Pengamatan Penyakit Dinkes Prov. Susel melaporkan bahwa ada 4 penemuan kasus AFP di 4 kabupaten, 1 di Kab.Barru, 1 kasus di Kab. Buukumba, 1 kasus di Kab. Gowa dan 1 kasus di Kab. Sidrap. Dari empat kasus tersebut, 1 orang diantaranya meninggal dunia.

Satu Tanggapan

  1. Tolong di update informasinya mengenai AFP 2010. Terima Kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: