20 dokter lulusan Makassar akan menempati puskesmas terpencil/ sangat terpencil di Sulsel

Sesjen Kementerian Kesehatan RI dr. Ratna Rosita, MPHM mengharapkan, sebagai keluarga besar Kementerian Kesehatan, para dokter/dokter gigi baru PTT  mampu memahami dan melaksanakan tugas-tugas sesuai  visi “ Masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan “, dengan misi antara lain meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, melalui pemberdayaan masyarakat termasuk swasta dan masyarakat madani. Juga melindungi kesehatan masyarakat dengan menjamin tersedianya upaya kesehatan yang merata, bermutu dan berkeadilan. Selain itu,  para dokter/dokter gigi juga diminta memegang nilai-nilai yang dianut yaitu pro rakyat, inklusif, responsive, efektif dan bersih.
Sementara itu, Kepala Biro Kepegawaian dr. Abdul Rival, M.Kes. mengatakan pada pelepasan dr/drg PTT periode April mengatakan bahwa pengangkatan dokter/dokter PTT baru adalah untuk mengganti/mengisi kekurangan atau kekosongan  dokter/dokter gigi di Puskesmas dengan kriteria terpencil dan sangat terpencil karena telah selesai masa baktinya, Kementerian Kesehatan RI mengangkat dokter/dokter gigi PTT baru dalam setahun sebanyak 3 kali, yaitu pada bulan April, Juni dan September.
Menurut dr. Abdul Rival, pengangkatan tenaga PTT periode  April 2010 sebanyak 859 orang  terdiri dari 661 dokter dan 198  dokter gigi. Dari 661 dokter tersebut,  261 orang ditempatkan di daerah dengan kriteria terpencil, dan  400 orang lagi di daerah sangat terpencil. Sedangkan untuk dokter gigi yang  berjumlah 198 orang,  37 orang akan ditempatkan di daerah terpencil, dan 161 orang ditempatkan di daerah sangat terpencil. Adapun masa penugasan bervariasi, yaitu  6 bulan dan 12 bulan,  ujar dr. Abdul Rival.
Selama bertugas mereka akan memperoleh gaji berdasarkan peraturan yang berlaku. Dokter/dokter gigi yang bertugas di daerah terpencil memperoleh gaji bersih sebesar Rp 1.530.000,- per bulan sedangkan yang bertugas di daerah sangat terpencil sebesar Rp 1.730.000,-. Untuk menarik minat dokter/dokter gigi bertugas di daerah sangat terpencil, selain gaji  juga diberikan insentif sebesar lima juta rupiah.
Keterangan dari pengelola penempatan dr/drg PTT Dinas Kesehatan Prov. Sulsel Dra. Rukman mengatakan bahwa diantara 76 dokter lulusan Makassa, hanya 20 dr/drg yang ditempatkan di Sulawesi Selatan, selebihnya ditempatkan di Riau, Lampung, NTT, Kalbar, Kalteng, Kaltim, Sulut, Sulteng, Sultra, Maluku, Papua dan Papua Barat. Diantara 20 dr/drg tersebut, terdiri dari 11 dokter umum dan 9 dokter gigi. Dari 11 dokter umum itu, 4 orang ditempatkan di daerah sangat terpencil dan 7 di daerah terpencil. Sedangkan  untuk 9 dokter gigi, 6 orang yang ditempatkan di daerah sangat terpencil dan 3 orang pada daerah terpencil.
Secara rinci dapat di download di bawah ini :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: