Penguatan Komitmen Pengelola Data Lingkup Dinkes Prov. Sulsel

Makassar 26 Agustus 2010, Subag Program Dinkes Prov. Sulsel melaksanakan pertemuan POKJA Data lingkup Dinkes Prov. Sulsel yang dilaksanakan di Baruga Sayang. Pertemuan tersebut dihadiri 26 peserta dan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinkes Prov. Sulsel. Setelah membuka kegiatan secara resmi, beliau membawakan materi pertemuan dengan judul “Penguatan komitmen pengelola data di Sulsel”. Berikut beberapa cuplikan materinya; Kebutuhan informasi untuk pengambilan keputusan diberbagai jenjang administrasi di lingkungan dinas kesehatan menuntut kemampuan penyediaan informasi yang memiliki akurasi dan validasi tinggi baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi maupun pusat. Kualitas informasi ini di tentukan antara lain oleh kualitas perangkat keras dan perangkat lunaknya, serta yang terpenting adalah kualitas manusia yang berperan sebagai pengelola dan pengguna informasi tersebut.
Sistem Informasi Kesehatan Kabupaten/Kota adalah tulang punggung bagi pelaksanaan pembangunan di daerah yang berwawasan kesehatan bagi kabupaten/kota yang bersangkutan. Oleh karena itu, sistem ini diharapkan dapat menyediakan data dan informasi yang akurat, tepat waktu, dan sesuai kebutuhan, sebagai landasan bagi para  penentu kebijakan dalam pengambilan keputusan berdasarkan fakta (evidence based desicion making).dr. H. Rachmat Latief, M.Kes menegaskan bahwa “data” merupakan suatu fakta yang belum mengalami pengolahan. Data tersebut akan menjadi informasi jakalau diolah terlebih dahulu. “Data” merupakan bukti kerja, Merupakan alat untuk menilai/ mengevaluasi kinerja,dan merupakan alat untuk menyusun perencanaan.Rekomendasi Kepala Dinas Kesehatan :

  1. Laksanakan pertemuan rutin per bulan.
  2. Pemberian reward dan Insentif pengelola data akan dipertimbangkan, kemudian dibayar berdasarkan kemampuan
  3. Pengelola data dapat diusulkan menjadi fungsional statistisi atau pranata komputer dengan syarat mengikut diklat terlebih dahulu, kecuali yg berlatar belakang statistik atau S.Kom (dapat diusul langsung).
  4. Hasil kerja tim Pokja data akan dimanfaatkan oleh pengambil kebijakan.
  5. Penguatan komitmen diharapkan dimulai dari atas ke bawah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: