Penderita HIV/AIDS di Kota Makassar kini berjumlah 2.711 kasus

Penularan HIV/AIDS di Makassar mengalami peningkatan tiap tahun. Jumlahnya sudah mencapai 2.711 kasus.  Penularan HIV/AIDS terbesar melalui narkoba suntik sekitar 67 persen dan penyebaran ini sangat rentan di kalangan pengguna narkotika, psikotropika dan zat adiktif (Napza). Resiko terbesarnya terutama jika jarum suntik digunakan bergantian oleh pengguna.  Jumlah ini mengalami meningkat lebih 300 kasus sejak Juni 2010 lalu.  Wakil Walikota Makassar (Drs.Supomo Guntur., M.Si) mengimbau warga supaya tidak perlu malu untuk memeriksakan diri ke puskesmas terdekat supaya penyakitnya bisa terdeteksi dan mendapat perawatan.  Kesadaran memeriksakan kesehatan juga merupakan rangkaian untuk menghindari penularan.  Untuk mengatasi penularan ini, kita sangat berharap kesadaran penderita untuk memeriksakan diri ke klinik VCT (Voluntary Clinic Test) yang telah disiapkan di beberapa rumah sakit.
Adapun rumah sakit dan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang menyediakan layanan VCT, seperti RSU Regional Wahidin, RSU Labuang Baji, RS Polri Bhayangkara, RS Dadi, Puskemas Ujungpandang Baru dan Puskesmas Kassi-kassi.
Target Kota Makassar yaitu semua Puskesmas dilengkapi klinik VCT.  Pemerintah Kota Makassar menargetkan ada klinik VCT di puskesmas 14 kecamatan di Makassar. Hal ini dilakukan untuk mempermudah penderita yang akan berkonsultasi dan melakukan pemeriksaan diri.
Data Dinas Kesehatan Kota Makassar jumlah kasus HIV pada 2008 sebanyak 2.056. Pada 2009 menembus angka 2.372 atau mengalami  peningkatan sebanyak 316 kasus dan pada 2010 mencapai angka 2.711 orang.

Pengidap HIV di Makassar yang dideteksi, antara lain :
– 2008: 2.056 orang
– 2009: 2.372 orang
– Oktober 2010: 2.711 orang
(sumber: Data Dinas Kesehatan Kota Makassar)

8 Tanggapan

  1. nice post
    please visit this
    repository unand
    thanks….

  2. as.wr.wb.. saya tugas di Kementan Jakarta, rumah di jalan sunu, makssar: mau lapor pak mohon ditegur petugas UGD pusesmas ujung pandang baru yang bertugas pada hari jum’at,7/1/2011( jam 12.00. .. tidak dilayani dengan baik / dengan muka yg tidak bersahabat, serta cara mengecek pasien yg sembrono, ..dan disuruh ke RS besar dia bilang tidak mampu..padahal kepalnya berdarah akhirnaya dibawa istri saya ke RS. Labuang baji..dan dijahit 5 jahitan,, mohon ditindak lanjuti thaks..

  3. ASSALAMUALYKUM… maaf, saya sedang ingin melakukan penelitian ttg remaja sma … namun saya masih terbatas tentang data filid dari masalah yg saya cari. oki, saya ingin bertanya…ADA TIDAK DATA JUMLAH KASUS HIV/AIDS DI KALANGAN REMAJA SMA ????

  4. ass… bapak dan ibu.. bisa sya minta data angka kematian mengenai kolesterol 2010-2012,
    terimakasih sbelumnya.

  5. Mohon maaf pak/ bu mau tahu info jumlah ibu menopause disulawesi selatan tahun 2013,2014, dan 2015 berapa yah??? Untuk penelitian sy mohon bantuan infonya makasih sblumnya

  6. assalamualaikum pak bisa minta data tentang jumlah penderita kista ovarium pada tahun 2015 di SULSEL

  7. Mohon maaf pak/ bu mau tahu info jumlah bayi fraktur klavikula disulawesi selatan tahun 2013,2014, dan 2015 berapa yah??? Untuk penelitian sy mohon bantuan infonya makasih sblumnya

  8. ass… bapak dan ibu.. bisa sya minta data bayi fraktur clavicula 2015
    terimakasih sbelumnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: